Find Us On Social Media :

Perbandingan Kecepatan Bluetooth, Versi Awal sampai Masa Kini

By Cakrawala, Selasa, 28 Juni 2022 | 23:55 WIB

Bluetooth telah mengalami perkembangan sejak awal diluncurkannya. Salah satunya adalah dalam hal kecepatan Bluetooth mentransfer data.

Selain Wi-Fi, Bluetooth merupakan salah satu teknologi nirkabel dengan jangkauan tidak jauh yang populer di dunia. Seperti Wi-Fi juga, Bluetooth telah mengalami perkembangan sejak awal diluncurkannya. Kini Bluetooth telah mencapai versi 5.3. Versi baru tentunya memberikan sejumlah peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Salah satunya adalah dalam hal kecepatan Bluetooth mentransfer data.

Dibandingkan versi awal, versi Bluetooth masa kini menawarkan kecepatan teoritis maksimal yang lebih tinggi. Dengan kata lain, kecepatan Bluetooth masa kini lebih tinggi dari Bluetooth awal. Sejalan dengannya, kecepatan transfer data yang sebenarnya — lebih kecil dari kecepatan teoritis — pada Bluetooth masa kini juga bisa lebih tinggi dibandingkan Bluetooth awal.

Namun, tidak seperti Wi-Fi, Bluetooth bukanlah teknologi nirkabel yang lazim digunakan saat ini untuk mentransfer data besar dengan kecepatan tinggi. Pasalnya, kecepatan transfer data maksimal yang ditawarkan Bluetooth masa kini kalah jauh dengan yang ditawarkan Wi-Fi masa kini; kecepatan Bluetooth jauh lebih lambat dari kecepatan Wi-Fi.

Bluetooth banyak digunakan untuk menghubungkan suatu perangkat portabel dengan perangkat lain, seperti headset dengan smartphone maupun laptop, smartphone dengan sound system, dan smartphone dengan smartphone. Dua yang pertama misalnya untuk mendengarkan lagu, sedangkan yang ketiga misalnya untuk mengirimkan berkas kecil. Kecepatan Bluetooth yang tidak setinggi Wi-Fi itu sudah mencukupi untuk hal-hal tersebut.

Kecepatan Bluetooth masa kini yang lebih tinggi dibandingkan Bluetooth awal tentu membantu untuk skenario penggunaan Bluetooth tertentu. Mentransfer berkas contohnya akan selesai lebih cepat bila menggunakan kecepatan transfer yang lebih tinggi.

Memang tidak semua skenario penggunan membutuhkan kecepatan Bluetooth yang lebih tinggi. Mendengarkan lagu dengan resolusi yang umum menggunakan headset yang terkoneksi ke smartphone sebagai sumber lagu adalah salah satu contohnya.

Berikut adalah perbandingan kecepatan teoritis maksimal dari berbagai versi Bluetooth. InfoKomputer berfokus pada kelompok versi utama/besar dari Bluetooth dan tidak membaginya ke dalam versi yang lebih kecil.