Find Us On Social Media :

Empat Langkah Membangun Pondasi Pemasaran Digital yang Tepat Sasaran

By Rafki Fachrizal, Rabu, 29 Juni 2022 | 20:30 WIB

Membangun Pondasi Digital Marketing (Pemasaran Digital)

PT Sribu Digital Kreatif (Sribu), perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa solusi konten dan digital marketing (pemasaran digital) berbasis crowdsourcing berbagi langkah-langkah untuk membangun pondasi pemasaran digital yang diperkirakan akan semakin menjadi sebuah keharusan bagi dunia usaha di masa depan.

Peningkatan penggunaan internet di Indonesia selama pandemi COVID-19 telah menghadirkan sebuah potensi yang sangat besar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanan.

Berbagai laporan mencatat peningkatan penggunaan internet dan media sosial yang cukup signifikan selama pandemi.

Analisis dari Kepios mengungkap bahwa pengguna baru media sosial di Indonesia meningkat sebanyak 21 juta atau setara dengan 12,6% antara tahun 2021 dan 2022 dengan rata-rata pengguna internet menghabiskan hampir 9 jam setiap harinya untuk mengakses internet.

Ryan Gondokusumo, Founder dan CEO Sribu mengatakan bahwa pandemi telah mengubah cara pandang para pelaku usaha terhadap pemasaran digital. Sebelum pandemi banyak pemilik usaha yang memandang pemasaran digital sebatas salah satu cara untuk menjangkau calon pembeli. Namun situasi pandemi yang berlangsung cukup lama telah mengubah hal ini.

“Saat ini pemasaran digital bukan lagi dilihat sebagai sekedar pilihan, namun seolah-olah telah menjadi kewajiban. Selama pandemi, kami melihat bagaimana klien-klien Sribu yang semula menggunakan jasa freelancer hanya untuk pembuatan desain, mulai merambah ke ranah pemasaran digital untuk meningkatkan bisnisnya. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan permintaan untuk jasa terkait pemasaran digital seperti pembuatan website dan konten untuk mendukung upaya pemasaran via media sosial (social media marketing),” jelas Ryan.

“Di satu sisi, era serba digital telah memudahkan para pelaku usaha dalam menjangkau calon pembeli mereka. Namun, untuk mendapatkan perhatian calon pembeli dan meyakinkan mereka untuk membeli, diperlukan strategi pemasaran yang tepat dan membutuhkan keahlian-keahlian khusus, ada seninya,” sambungnya lagi.

Lebih lanjut, Sribu membagikan beberapa tips mengenai cara untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital dengan tepat dan efektif:

1. Spesifik dalam menentukan profil calon pembeli atau pengguna layanan Anda

Layaknya pemasaran secara konvensional, pemilik usaha harus menetapkan profil calon pembeli atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk.

Adalah penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui profil calon pembeli secara spesifik untuk produk atau layanan yang ditawarkan serta pola kebiasaan mereka.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan panduan misalnya: Siapa calon pembeli utama yang Anda targetkan berdasarkan gender, usia, keuangan dan persona? Apa yang menjadi pertimbangan mereka untuk membeli suatu produk atau jasa? Apa saja aspek yang mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut?

2. Menetapkan channel pemasaran digital yang akan digunakan