Find Us On Social Media :

Susul Canon, Nikon Berhenti Produksi Kamera SLR dan Beralih Mirrorless

By Rizal, Kamis, 14 Juli 2022 | 13:00 WIB

Ilustrasi kamera mirrorless Nikon

Selama ini Nikon adalah salah satu produsen kamera SLR yang masih banyak digunakan oleh para fotografer profesional.

Namun, perkembangan kamera mirrorless yang masif dan pasar meresponnya positif membuat Nokia berpikir dua kali. Tak bisa dipungkiri, popularitas kamera D-SLR akan segera berakhkir karena kamera mirrorles manawarkan kualitas gambar yang tidak kalah bagusnya. Belum lagi, kamera-kamera HP saat ini makin canggih dan bagus.

Karena itu, Nikon akan berhenti memproduksi kamera SLR (single lens reflex) dan beralih fokus mengembangkan serta produksi kamera mirrorless. Nikon juga akan berinvestasi mengembangkan R&D untuk kamera-kamera mirrorless.

Nikon telah menghentikan produksi dua kamera DSLR D3500 dan D5600 pada Juni lalu. Saat itu, Nikon akan fokus mengembangkan kamera serta lensa kelas menengah atas saja.

Nikon sendiri menjual lebih dari 400.000 kamera SLR di seluruh dunia pada tahun lalu seperti dilansir The Verge dan Nikkei.

Tak hanya Nikon, pesaing utama Nikon yaitu Canon juga mulai mundur perlahan dari pasar kamera SLR.

Pada 2021, Canon mengumumkan bahwa Canon EOS-1D X Mark III akan menjadi kamera DSLR premium terakhir yang diproduksi.

"Saat ini pasar sudah bergeser cepat ke kamera-kamera mirrorless," ujar Canon saat itu.

Cabut dari Indonesia

Nikon Z50

Nikon resmi mundur diri dari pasar kamera digital di Indonesia, terhitung mulai 22 Oktober 2020. Belum diketahui, alasan pasti hengkangnya perusahaan asal Jepang itu dari pasar Tanah Air.

Nikon Indonesia tidak memberikan keterangan resmi baik melalui siaran pers maupun di website resminya. Satu-satunya pengumuman dibuat melalui kanal resmi media sosial Nikon.