Find Us On Social Media :

Penjual di Tokopedia Wajib Tahu! Ini 5 Tips Dapat Review Bintang 5

By Rafki Fachrizal, Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:15 WIB

Tips Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli untuk Penjual di Tokopedia.

Bagi penjual di platform e-commerce seperti Tokopedia, review atau ulasan dari pembeli sangat penting karena akan berdampak pada kelangsungan bisnis.

Ulasan yang positif dan bintang yang tinggi tentunya bisa membuat produk yang dijual menjadi lebih laris ke depannya. 

Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review bintang lima dari pembeli.

1. Responsif dan Komunikatif

Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain,” jelas Resti.

“Sampaikan juga ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko,” saran Resti.

2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

“Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujar Resti.

3. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.

4. Kemas Produk dengan Aman