Find Us On Social Media :

Review MSI Stealth 15M (B12UE-017ID): Bertenaga, Tipis, dan Ringan

By Dayu Akbar, Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:00 WIB

MSI Stealth 15M.

 

Hadirnya prosesor Intel Core generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake, membuat MSI memperbarui lini laptop untuk bermain gimnya. Dan salah satu varian yang kebagian dari pembaruan tersebut adalah MSI Stealth 15M. Jika generasi sebelumnya menggunakan Intel Core generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake, kali ini MSI Stealth 15M; tepatnya MSI Stealth 15M (B12UE-017ID); sudah menggunakan Intel Core generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake.

MSI memiliki beberapa penamaan seri pada laptop bermain gimnya. Seri Stealth sendiri mengedepankan performa tinggi dalam dimensi yang tipis dan bobot ringan. Untuk sekelas laptop bermain gim, bobotnya yang tidak sampai 2 kg dengan ketebalannya yang hanya 1,7 cm, membuatnya tipis dan ringan. Hal tersebut membuatnya cukup mudah pula untuk dibawa. Seri Stealth juga punya tampilan lebih sederhana. Ini bisa dilihat pada kovernya yang tampil polos dan hanya menampilkan logo MSI.

MSI Stealth 15M ini menggunakan prosesor Intel Core i7-1280P. Ya akhiran P pada penamaan prosesor tersebut menunjukkan bahwa prosesor bersangkutan lebih ditujukan untuk laptop yang mengedepankan kinerja tinggi, tetapi dalam bodi yang tipis. Ini berbeda dengan akhiran U yang lebih ditujukan untuk laptop yang mengedepankan keseimbangan antara efisiensi dan performa, yang tentunya bisa hadir dalam bodi yang ringkas pula. Intel Core i7-1280P sendiri sampai saat ini merupakan varian paling tinggi seri P sehingga performanya sudah tidak diragukan lagi.

Selain hanya bisa dibuka dengan satu tangan saja, engselnya yang fleksibel bisa dibuka sampai mencapai kemiringan 180°.

 

Menemani prosesor itu, hadir kartu grafis tambahan NVIDIA GeForce 3060 yang memiliki memori GDDR6 6 GB. Kartu grafis ini menawarkan performa tinggi dengan TGP sebesar 75 watt. Sementara, memori lokal yang digunakan memiliki kapasitas 16 GB dengan jenis DDR4-3200 yang terpasang secara kanal ganda pada dua slot yang tersedia.

Yang tidak kalah menarik juga sektor media simpan. MSI Stealth 15M menggunakan SSD M.2 PCI Express versi paling baru yaitu Gen 4 dengan jumlah lajur empat. Kapasitasnya sendiri 1 TB. Biasanya kebanyakan median simpan yang digunakan masih berkapasitas 512 GB dan menggunakan antarmuka generasi sebelumnya. Berdasarkan aplikas CrystalDiskMark, kemampuan baca dan tulisnya sudah cukup kencang dengan skor yang sama-sama mencapai di atas 3.000 MB/s. Laptop ini hanya menyediakan satu slot M.2 untuk SSD sehingga jika dirasa kapasitasnya kurang, Anda bisa memanfaatkan media simpan eksternal.

Dari sisi layar, MSI masih menggunakan spesifikasi yang cukup standar untuk kelasnya. Ukurannya 15,6 inci dengan resolusi Full HD serta menggunakan panel “IPS-level”. Sementara, untuk memanjakan pemain gim, refresh rate-nya cukup tinggi yaitu 144 Hz yang membuat pergerakan cepat pada gim-gim berjenis FPS (first person shooter) jadi mulus. Untuk tampilannya, MSI membuat area layar terlihat lebih luas dengan bezel di sisi kiri dan kanan berukuran tipis. Untuk bezel atasnya sedikit lebih tebal yang sedikit banyak berguna untuk menempatkan webcam.

Kibornya punya pencahayaan warna spektrum dengan tingkat kecerahan yang terdiri dari empat level dengan menekan tombol F7.