Find Us On Social Media :

Review POCO M4 Pro (8 GB + 256 GB): Lengkap untuk Tiga Jutaan Rupiah

By Dayu Akbar, Selasa, 6 September 2022 | 23:30 WIB

POCO M4 Pro (8 GB + 256 GB) hadir dengan fasilitas yang lengkap untuk smartphone seharga tiga jutaan rupiah.

Meski smartphone dengan dukungan jaringan 5G sudah banyak bermunculan, cakupan area 5G yang masih sangat terbatas jadi alasan kuat smartphone bersangkutan belum bisa memanfaatkan jaringan tersebut secara maksimal. Alhasil smartphone 4G masih jadi pilihan masuk akal dan mumpuni untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Untuk itu, POCO meluncurkan varian smartphone kelas menengahnya melalui M4 Pro.

POCO M4 Pro menawarkan fitur-fitur menarik untuk rentang harga dua sampai tiga jutaan rupiah yang membuatnya berani bersaing dengan kompetitor. Di antaranya layar yang mana POCO M4 Pro merupakan seri M pertama yang menggunakan panel Super AMOLED. Ukuran layarnya sendiri 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel).

Sementara, refresh rate-nya sampai 90 Hz yang lebih nyaman saat bermain gim. Refresh rate-nya ini bekerja secara otomatis dan akan turun ke 60 Hz saat Anda tidak menggunakannya untuk aktivitas tersebut. Kenyamanan bermain gim juga ditunjang dengan touch sampling rate 180 Hz. Untuk aktivitas hiburan seperti menonton konten resolusi tinggi, smartphone ini sudah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 DRM.

Dari empat bulatan kecil di bawah lensa utama, hanya ada dua yang merupakan lensa kamera yaitu lensa ultralebar dan makro.

Mengenai tingkat kecerahannya yang dimilikinya, layar ini masih nyaman digunakan di luar ruangan saat kondisi matahari terik. Auto brightness-nya mampu bekerja sesuai kondisi ruangan, meski terkadang responsnya agak telat.

Dari sisi desain, bagian belakang jadi pembeda dengan seri POCO lainnya. Yang paling mencolok adalah bingkai pada kamera yang di dalamnya terdapat satu bulatan lensa besar dan empat bulatan kecil. Namun, dari empat bulatan kecil tersebut, hanya ada dua lensa yang digunakan. Secara keseluruhan, kamera belakangnya ada tiga yang terdiri dari utama 64 MP, ultar lebar 8 MP, dan makro 2 MP. Kamera kedalaman kali ini absen.

Kamera tersebut dilengkapi dengan pilihan mode pada aplikasi kamera. Anda akan menjumpai mode Pro yang menyediakan pengaturan manual sehingga bisa lebih bebas bereksperimen. Fitur video seperti slow motion dan time-lapse juga turut hadir. Untuk kemampuan merekam video, POCO M4 Pro menyediakan pilihan resolusi sampai 1080p saja; sudah cukup untuk segmen yang dituju.

Selain spesifikasi mumpuni, POCO juga masih menyematkan fitur Game Turbo yang akan meningkatkan performa saat bermain gim melalui pilihan profil yang tersedia.