Find Us On Social Media :

Ini Tips Bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan dari Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 September 2022 | 18:15 WIB

Tips Bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan.

Selain melakoni pekerjaan tetap di perusahaan/organisasi, tak sedikit pula orang-orang yang memiliki usaha sampingan mulai dari berjualan produk fesyen, camilan hingga kerajinan tangan.

Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia mengatakan “Tokopedia saat ini menjadi rumah bagi sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100%nya adalah UMKM lokal dari berbagai latar belakang, termasuk para pegiat usaha yang sekaligus menjalankan pekerjaan tetap.”

Oleh karena itu, Tokopedia pun membagikan lima tips agar UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif:

1. Alokasi Waktu dengan Tepat

Membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

Ekhel mengatakan, “Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli.”

2. Aktifkan Fitur Smart Reply

Fitur ini dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis.

Penjual bisa menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.

“Fitur Smart Reply ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.

3. Manfaatkan Fitur Iklan Agar Promosi terus Berjalan

Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds di Tokopedia agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia.

Cukup dengan mengatur anggaran harian, penjual secara lebih praktis dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.