Find Us On Social Media :

VMware Explore 2022: vSphere 8 dan vSAN 8 untuk Dekade Berikutnya

By Cakrawala, Rabu, 21 September 2022 | 22:00 WIB

VMware menawarkan berbagai layanan/produk baru pada VMware Explore 2022. Dua di antaranya adalah VMware vSphere 8 dan VMware vSAN 8. Terlihat Dave Morera (Senior Technical Marketing Architect, VMware) saat memaparkan mengenai VMware vSphere 8 pada VMware Explore 2022 di San Francisco, Amerika Serikat bulan lalu.

Pada VMware Explore 2022 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat dari 29 Agustus 2022 sampai 1 September 2022 lalu; bagaimana VMware dengan layanan Cross-Cloud-nya bisa membantu perjalanan cloud organisasi menjadi cloud smart dan bukannya cloud chaos; merupakan hal utama yang disampaikan. Sejalan dengan itu, VMware pun menawarkan berbagai layanan — dalam hal ini juga bisa dibilang produk — baru melengkapi layanan Cross-Cloud-nya yang diyakini makin bisa membantu organisasi menjadi cloud smart. Dua di antara yang paling dikedepankan adalah VMware vSphere 8 dan VMware vSAN 8.

"Yang pertama dari ini adalah sesuatu yang besar. Rilis mayor berikutnya dari vSphere dan vSAN, vSphere 8 dan vSAN 8. Bersama dengan NSX, vSphere, vSAN, dan NSX membentuk blok bangunan dasar dari infrastruktur modern yang tersedia sebagai peranti lunak dan sebagai suatu layanan di lokasi mana pun pilihan Anda. vSphere 8 dan vSAN 8 membutuhkan dua tahun untuk dibangun. Ini adalah suatu versi baru yang sangat penting. Dan ini menetapkan fondasi untuk komputasi modern satu dekade berikutnya," sebut Raghu Raghuram (Chief Executive Officer, VMware) pada VMware Explore 2022 saat membagikan beberapa bocoran layanan/produk baru yang ditawarkan sebelum informasi lebih detailnya dibagikan.

VMware vSphere 8 dan VMware vSAN 8 sendiri masuk dalam Cloud and Edge Infrastructure pada layanan VMware Cross-Cloud. Terdapat lima building block utama atau pilar utama dari layanan VMware Cross-Cloud; yakni App Platform, Cloud Management, Cloud and Edge Infrastructure, Security and Networking, dan Anywhere Workspace. Dibandingkan saat VMworld 2021 lalu, terdapat sedikit perubahaan pada posisi Edge. Bila sebelummya bersama Anywhere Workspace, kini Edge bersama Cloud Infrastructure. VMware vSphere 8 dan VMware vSAN 8 tentunya bisa dipakai menenagai aneka cloud, termasuk edge.

vSphere 8

Merupakan kumpulan perkakas virtualisasi server alias platform virtualisasi cloud, vSphere merupakan salah satu tawaran VMware yang paling populer. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, fitur vSphere 8 yang bisa dibilang paling disorot oleh VMware pada VMware Explore 2022 adalah dukungan terhadap DPU (data processing unit). DPU yang salah satunya adalah smartNIC (smart network interface card) bisa mengambil beban kerja tertentu dan menjalankannya sehingga mengurangi beban kerja yang harus dijalankan CPU. DPU misalnya bisa menjalankan beban kerja sehubungan jaringan maupun media simpan. Berhubung mengurangi beban kerja yang harus dijalankan CPU, CPU menjadi bisa menjalankan lebih banyak beban kerja lain alias menawarkan kinerja yang lebih baik. Hal tersebut juga bisa berarti biaya yang lebih hemat.

Pada VMware Explore 2022 yang baru lalu, Raghu Raghuram (Chief Executive Officer, VMware) mengatakan bahwa komputasi modern satu dekade berikutnya adalah mengenai komputasi heterogeneous dan vSphere 8 menetapkan fondasi untuk komputasi modern tersebut.

VMware mengeklaim dengan vSphere on DPU yang memindahkan berbagai fungsi infrastruktur jaringan dan keamanan ke DPU yang didukung, sampai sebesar 20% core CPU bisa dihemat. Angka bersangkutan diperoleh dari percobaan internal VMware. VMware vSphere 8 dengan dukungan terhadap DPU akan tersedia pada VMware vSphere Enterprise Plus, VMware vSphere with VMware Tanzu, dan VMware vSphere+; tetapi tidak pada VMware vSphere Standard. Ketersediaan dari VMware vSphere 8 sendiri ditargetkan pada akhir Oktober 2022.

Adapun DPU yang didukung, VMware menyebutkan vSphere 8 mendukung DPU dari NVIDIA, Intel, dan AMD. VMware menyebutkan vSphere 8 mendukung NVIDIA BlueField, Intel IPU (Infrastructure Processing Unit), dan AMD Pensando. Sejumlah vendor server juga sudah menyatakan (akan) menggunakan VMware vSphere 8 pada produk maupun layanannya, yakni Dell Technologies, HPE, dan Lenovo. Dell Technologies menggunakan VMware vSphere 8 pada produk-produk Dell PowerEdge dan Dell VxRail, HPE memakai VMware vSphere 8 pada produk-produk ProLiant, dan Lenovo memanfaatkan VMware vSphere 8 pada layanan TruScale.

Selain dukungan terhadap DPU, terdapat berbagai peningkatan lain dari VMware vSphere 8 dibandingkan VMware vSphere generasi sebelumnya. Namun, tidak semua peningkatan tersebut hadir pada setiap varian VMware vSphere 8. Dengan kata lain, ada yang hanya tersedia pada varian tertentu. Dua di antara peningkatan lain dari VMware vSphere 8 adalah integrasi yang ketat dengan VMware TKG (Tanzu Kubernetes Grid) 2.0 dan pengoptimalan terhadap waktu yang diperlukan untuk pemeliharaan.