Find Us On Social Media :

Contoh Artificial Intelligence Ini Bikin Bisnis Gula-gula Makin Manis

By Liana Threestayanti, Minggu, 25 September 2022 | 21:41 WIB

Berbagai contoh artificial intelligence telah diimplementasikan oleh sebuah perusahaan gula-gula berskala global di berbagai lini bisnisnya. (Foto ilustrasi)

Berbagai contoh artificial intelligence telah diimplementasikan oleh sebuah perusahaan gula-gula berskala global di berbagai lini bisnisnya. 

Sudah cukup banyak contoh artificial yang dikembangkan oleh Mars Inc., perusahaan yang dikenal sukses sebagai produsen beberapa merek permen, seperti M&M Milky Way dan Snickers ini. 

Kepada Venture Beat, Shubham Mehrish, Global Vice President, Digital Strategy, Mars Inc. menuturkan bahwa transformasi digital dan pengembangan contoh artificial intelligence di perusahaan dimulai oleh mantan CEO Grant Reid. Saat itu Reid memfokuskan transformasi digital pada agile development, kemampuan perusahaan dalam hal kecepatan, dan skala.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

Pengembangan contoh artificial intelligence (AI) ini akan terus menjadi prioritas penting bagi Mars Inc. di bawah kepemimpinan CEO yang baru, Poul Weihrauch. Saat ini, menurut Mehrish, pertanyaannya bukan lagi kapan AI diterapkan oleh Mars. “Pertanyaannya saat ini adalah adakah proses di Mars yang tidak menggunakan AI dan machine learning,” jelas Mehrish seperti dikutip dari laman web Venture Beat. 

AI di Lini Produksi

Contoh artificial intelligence pun telah menjadi bagian penting dalam bisnis gula-gula Mars Inc. AI dan sensor dimanfaatkan perusahaan di lini produksi untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi, serta menurunkan biaya. 

Dengan AI, Mars dapat mengaplikasikan preventive maintenance sehingga perusahaan dapat mengetahui mesin dan peralatan di lantai produksi  yang berpotensi mengalami masalah. Bahkan menurut Shubham Mehrish, AI juga dimanfaatkan untuk menemukan cacat pada produk permen.

“Bayangkan sebuah M&M bergerak di ban berjalan di mana kita dapat melihat kelainan bentuk (permen) melalui image recognition dan menambah pekerja manusia yang melakukan QA untuk melihat dan memutuskan apakah (permen) M&M itu cukup baik untuk dikemas atau tidak,” ujar Mehrish.

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence untuk Percepat Pertolongan Pertama

AI di Rantai Suplai Hulu

Contoh artificial intelligence juga dapat ditemui pada rantai suplai hulu (upstream supply chain), misalnya untuk prediksi kasus-kasus terkait jamur yang berdampak pada bahan mentah di India dan Afrika.