Find Us On Social Media :

Apple Pastikan iPhone Generasi Terbaru Bakal Pakai USB-C

By Rizal, Sabtu, 29 Oktober 2022 | 11:00 WIB

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Apple memastikan iPhone generasi terbaru nanti akan menggunakan USB-C sebagai konektor, menyusul kebijakan baru dari Uni Eropa supaya mengikuti konektor umum yang digunakan di wilayah tersebut.

"Kami harus mematuhi, kami tidak punya pilihan," kata Kepala Pemasaran Apple, Greg Joswiak kepada Joanna Stern dari The Wall Street Journal seperti dikutip BGR.

Joswiak tidak mengungkapkan timeline peluncuran produk-produk Apple dengan USB-C di produk-produk Apple termasuk iPhone 15. Uni Eropa memberikan tenggat waktu yang diberikan sampai 2024 untuk masa peralihan barang elektronik ke USB-C.

Apple mempunyai waktu 2 tahun untuk memberikan keputusan yang baik untuk produk-produk nya. Ming-Chi Kuo selaku analis dari Apple mengatakan penggunaan konektor selain Lightning akan menganggu ketahanan anti air dari iPhone.

Jika Apple memang memakai USB-C di iPhone, maka aksesoris dari Apple akan memakai USB-C seperti, AirPods, AirPods Pro, Magic Mouse dll.

Patuhi Regulasi

iPhone, USB Type C

Akhirnya, Komisi Uni Eropa (EU) mensahkan Undang-undang (UU) baru tentang lubang (port) pengisian daya tunggal port USB Type-C untuk perangkat elektronik yang dijual di Eropa.

Regulasi itu adalah bagian dari proposal revisi Pedoman Peralatan Radio yang diajukan Perlemen Uni Eropa sejak 23 September 2021.

UU itu akan diresmikan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juli-September 2022 ini.

Undang-undang itu bakal efektif berlaku 24 bulan (2 tahun) setelah diterbitkan, atau sekitar bulan Juli-September 2024.

Adapun jenis perangkat elektronik di Eropa yang diwajibkan menggunakan port USB C mulai 2024 adalah