Find Us On Social Media :

WhatsApp Mulai Luncurkan Fitur Baru ‘Komunitas’, Begini Cara Pakainya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 4 November 2022 | 13:30 WIB

Cara Download GB WhatsApp Versi Terbaru November 2022.

Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan fitur baru yakni Community (Komunitas) dan mulai melakukan uji coba fitur tersebut ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

“Dengan fitur ini, komunitas seperti tetangga, orang tua murid, dan rekan di kantor kini dapat menghubungkan beberapa grup bersama di bawah satu payung untuk mengelola percakapan grup di WhatsApp,” tulis keterangan WhatsApp yagn diterima InfoKomputer.

Fitur ini pertama kali diumumkan WhatsApp pada awal tahun ini dan ditargetkan akan tersedia bagi semua pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga: Whatsapp Komunitas vs Whatsapp Group, apa bedanya?

Dalam uji coba fitur Komunitas, WhatsApp bekerja sama dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara untuk mendapat masukan terkait fitur baru tersebut agar dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Di Indonesia sendiri, ada 12 komunitas yang berkesempatan menjajal fitur Komunitas lebih awal, selama beberapa bulan ini.

Di antaranya seperti komunitas Langsung Enak, sebuah komunitas pecinta kuliner populer, dan Play:On Indonesia Community, komunitas penggemar Mini 4WD.

“Kami harap, fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik di WhatsApp.” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia.

Dengan fitur baru itu, WhatsApp juga mengeklaim memiliki tujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.

Cara Pakai Fitur Komunitas di WhatsApp

Untuk mulai menggunakan fitur ini, masuk ke aplikasi WhatsApp dan ketuk tab komunitas baru di bagian atas chat di Android dan di bagian bawah di iOS.

Selanjutnya, pengguna dapat memulai Komunitas baru dari awal atau menambahkan grup yang sudah ada.

Setelah masuk ke dalam komunitas, pengguna dapat dengan mudah beralih antara grup yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, saat pengguna memerlukannya, dan admin dapat mengirimkan pembaruan penting kepada semua orang di dalam Komunitas.