Find Us On Social Media :

Dorong Inovasi Bisnis dengan Cloud, Alibaba Cloud Tawarkan Ini

By Liana Threestayanti, Jumat, 4 November 2022 | 16:46 WIB

Memudahkan berbagai organisasi mengadopsi teknologi baru dan berinovasi bisnis di era cloud, Alibaba Cloud terus memperbarui layanan dan tool di platform miliknya. Salah satu yang terbaru adalah platform Model-as-a-Service (MaaS) ModelScope.

Kehadiran platform bernama ModelScope ini diumumkan Alibaba Cloud di ajang tahunan Apsara Conference. Platform berbasis open source ini menghadirkan ratusan model artificial intelligence (AI), termasuk model pre-trained untuk para developer dan peneliti.

"Komputasi awan telah memunculkan revolusi mendasar pada cara sumber daya komputasi diatur, diproduksi, dan digunakan secara komersial sekaligus juga mengubah paradigma pengembangan software dan mempercepat integrasi cloud dan terminal endpoint," ujar Jeff Zhang, Presiden Alibaba Cloud Intelligence.

Untuk itu, menurut Zhang, Alibaba Cloud meningkatkan sumber daya, layanan, dan tool berbasis cloud menjadi serverless, lebih cerdas, serta terdigitalisasi agar dapat membantu perusahaan dalam mengadopsi teknologi baru dan menangkap lebih banyak peluang di era cloud.

Dorong Demokratisasi AI dengan MaaS

Platform ModelScope datang dengan lebih dari 300 model AI siap pakai yang sejak lima tahun terakhir ini dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy (DAMO), inisiatif penelitian global Alibaba.

ModelScope menyediakan model AI untuk berbagai bidang, mulai dari computer vision hingga natural language processing (NLP) dan audio. Platform ini juga mengusung lebih dari 150 model state-of-the-art (SOTA).

Platform ini juga menyediakan pre-trained model milik Alibaba seperti Tongyi, yang mampu mengubah teks menjadi gambar dengan lima miliar parameter, dan OFA (Satu-Untuk-Semua), pre-trained model dengan enam miliar parameter yang diklaim Alibaba Cloud unggul dalam tugas lintas-modal, seperti keterangan gambar dan menjawab pertanyaan visual. 

Sesuai komitmennya sebagai komunitas open source, ModelScope bertujuan memudahkan  pengembangan dan dalam menjalankan model AI, serta membuatnya lebih hemat biaya. 

Menurut Alibaba Cloud, para pengembang dan peneliti dapat dengan mudah menguji model secara online dan bebas biaya serta mendapatkan hasil pengujian dalam hitungan menit. Mereka juga dapat mengembangkan aplikasi AI yang disesuaikan dengan menyempurnakan model yang ada, dan menjalankan model secara online yang didukung oleh Alibaba Cloud, atau menyebarkannya di platform cloud lain atau dalam pengaturan lokal.

Peluncuran ini juga sekaligus menekankan upaya dan komitmen DAMO yang berkelanjutan untuk mempromosikan teknologi yang transparan dan inklusif dengan menurunkan ambang batas dalam membangun dan menjalankan model AI, memungkinkan universitas dan perusahaan kecil untuk memanfaatkan AI dengan mudah dalam penelitian dan bisnisnya. 

Pembaruan untuk Tingkatkan Efisiensi Komputasi