Find Us On Social Media :

Nih, 10 Jenis Pekerjaan yang Bakal Digantikan Artificial Intelligence

By Liana Threestayanti, Rabu, 9 November 2022 | 19:00 WIB

Saat contoh artificial intelligence makin marak di berbagai bidang, tak sedikit orang membayangkan sebuah distopia.

Contoh artificial intelligence makin marak di berbagai bidang dan kehidupan sehari-hari. Tak sedikit orang yang lantas membayangkan sebuah distopia, sebuah situasi yang menakutkan di masa depan karena kemampuan yang ditawarkan teknologi artificial intelligence ini.

Salah satu ketakutan orang terhadap artificial intelligence adalah potensi teknologi ini dalam menggantikan pekerjaan manusia. Dalam survei yang dilakukan Pew Research pada tahun 2014, 48% pakar memprediksi robot dan digital agent akan menggantikan pekerja kerah biru. 

Sementara 52% lainnya berharap di tahun 2025, teknologi artificial intelligence akan lebih banyak menciptakan daripada mengambil alih pekerjaan. Artinya, kelompok kedua ini pun sebenarnya melihat akan ada banyak pekerjaan manusia yang akan diambil alih oleh robot dan agen digital. Namun mereka yakin keunikan manusia akan menciptakan pekerjaan, industri, dan cara baru mencari nafkah, seperti yang sudah terjadi sejak awal Revolusi Industri hingga saat ini.   

Menurut laporan World Economic Forum yang berjudul "The Future of Jobs Report 2020," AI diprediksi akan menggantikan 85 juta pekerjaan di seluruh dunia pada tahun 2025. Terdengar mengerikan, tapi di sisi lain kecerdasan buatan juga akan menciptakan 97 jenis pekerjaan baru. 

Selanjutnya, dalam survei terbaru tahun 2022, Tidio menemukan bahwa 69% lulusan perguruan tinggi yakin artificial intelligence akan mengambil alih pekerjaan mereka atau membuat pekerjaan itu tak lagi relevan bagi mereka.

Survei yang sama juga menemukan bahwa 60% dari 1200 responden tidak keberatan menggunakan layanan taksi self-driving dan 57% tidak masalah jika artificial intelligence digunakan untuk air traffic management di bandara.

Yang menarik, Tidio juga mengungkap bidang pekerjaan yang paling besar kemungkinannya digantikan oleh kecerdasan buatan: kasir (63%), supir (51%), dan penerjemah (42%). 

Berdasarkan penelusuran kami di berbagai sumber, setidaknya ada sepuluh jenis pekerjaan yang pada akhirnya akan digantikan oleh kecerdasan buatan dalam waktu yang tidak terlalu lama. 

Baca juga: Wah, Ada Contoh Artificial Intelligence untuk Atasi Masalah Rambut!

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence di Bidang Pertahanan

1. Supir

Hadirnya kendaraan swakemudi semakin menguatkan prediksi pekerjaan sebagai supir taksi dan bus akan digantikan oleh AI.