Find Us On Social Media :

Contoh Artificial Intelligence untuk Lacak Posisi Aset di Industri

By Liana Threestayanti, Sabtu, 12 November 2022 | 21:52 WIB

Sebuah contoh artificial intelligence untuk meningkatkan kemampuan indoor positioning di lingkungan industri sedang dikembangkan.

Sebuah contoh artificial intelligence untuk meningkatkan kemampuan indoor positioning sedang dikembangkan oleh Internet Interdisciplinary Institute (IN3) di Universitat Oberta de Catalunya (UOC), Spanyol. 

Pengembangan ini merupakan sebuah langkah penting, terutama bagi sektor industri. Teknologi indoor positioning adalah salah satu pendorong utama transformasi digital di sektor industri. Bagi berbagai perusahaan mulai dari perusahaan di bidang logisitk hingga penyedia layanan kesehatan, kemampuan melacak obyek, aset, dan orang dengan akurat dan efisien dapat membantu mereka dalam menghemat sumber daya, waktu, dan biaya. Oleh karena itu kehadiran sebuah contoh artificial intelligence tentu akan membuat teknologi ini lebih efektif dan efisien.   

Contoh artificial intelligence bernama DUNE ini menggabungkan kemampuan deep learning dengan sistem komputasi terdistribusi (distributed computing system), baik cloud maupun edge computing. Oleh karena itu, sistem ini dapat bekerja pada remote server maupun di dekat sumber data.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

Dikutip dari Tech Explore, cloud dan edge computing dilibatkan agar tercipta sebuah sistem serba guna yang memanfaatkan berbagai teknologi yang ada dan dapat beradptasi dengan aneka use case potensial.  

"Saat ini, ada aneka pendekatan teknologi yang mencoba mengeksploitasi karakteristik sinyal radio sebagai tool atau alat untuk mendapatkan posisi relatif dari benda atau obyek. Keragaman teknologi ini dan berbagai situasi penggunaannya, dengan budget dan lingkungan yang beragam pula artinya adalah kita perlu mengembangkan sebuah framework yang kuat untuk mengelola data lokasi dari teknologi-teknologi yang berbeda secara real time, yang pada saat bersamaan mampu beradaptasi dengan kebutuhan industri yang beragam serta menarik secara ekonomi,” papar explained Xavier Vilajosana.

Xavier Vilajosana, adalah Professor di Fakultas Ilmu Komputer, Multimedia, dan Telekomunikasi, sekaligus leader dari Wireless Networks group (WINE) di IN3, UOC. Xavier saat ini sedang mengkoordinasi partisipasi UOC dalam sebuah proyek baru di Eropa untuk mengembangkan solusi inovatif untuk meningkatkan indoor positioning. 

Inilah aspek-aspek teknologi dari DUNE.

Baca juga: Nih, 10 Jenis Pekerjaan yang Bakal Digantikan Artificial Intelligence

Assisted positioning menggunakan deep learning

Teknologi indoor asset location menggunakan point of view dari perangkat penerima (receiving device) untuk menyimpulkan dari arah mana asal sinyal yang dipancarkan oleh objek. Kemudian sistem menerjemahkan informasi ini menjadi estimasi posisi objek. 

Salah satu tantangan utama yang dihadapi teknologi ini adalah margin kesalahan cukup lebar akibat adanya hambatan antara pemancar dan penerima sinyal, terutama di lingkungan industri, dan adanya propagasi multipath. Propagasi multipath adalah fenomena yang menyebabkan sinyal radio mencapai antena penerima melalui dua atau lebih jalur, pada waktu yang berbeda.