Find Us On Social Media :

B20 Investment Forum Mendorong 18 Perusahaan dari 11 Negara Tandatangani MoU Senilai Rp 75 Triliun

By Nana Triana, Selasa, 15 November 2022 | 13:34 WIB

B20 Investment Forum sukses digelar di Bali, Jumat (11/11/2022).

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sukses menggelar acara B20 Investment Forum di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) I, Bali, pada Jumat (11/11/2022).

Sebagai informasi, B20 Investment Forum merupakan salah satu rangkaian dari side event B20 Summit. Adapun fokus utama dari forum tersebut adalah mendorong pemulihan ekonomi global pasca pandemi Covid-19.

B20 Investment Forum memastikan agar G20 Indonesia dapat berdampak pada peningkatan investasi dalam negeri. Investasi tersebut diharapkan mampu mendorong proyek strategis yang sesuai dengan tema besar dan prioritas Presidensi G20 Indonesia, yaitu perbaikan arsitektur kesehatan global, akselerasi transisi energi hijau, dan transformasi digital.

Sebagai salah satu negara dengan perekonomian dan pertumbuhan ekonomi serta angka usia produktif yang besar di Asia Tenggara, Indonesia yang menjadi tuan rumah B20 Investment Forum diharapkan dapat menjadi penghubung dengan para investor global untuk berinvestasi di dalam negeri, sebagai emerging developing countries, ke tataran global.

Ada tiga kegiatan utama dalam B20 Investment Forum, yakni Investment Forum, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dan B2B Business Matchmaking Meeting.

Baca Juga: Fokus Bekerja, Inilah Cara Mengaktifkan ‘Focus Assist’ pada Windows 10

B2B Business Matchmaking Meeting menjadi salah satu agenda krusial dalam B20 Investment Forum untuk mengakselerasi peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi, terutama pada enam klaster usaha penting.

Klaster usaha pertama adalah sektor digitalisasi and startup, finansial dan asuransi, infrastruktur dan konstruksi, serta transportasi dan logistik. Kemudian, klaster usaha kedua adalah sektor manufaktur dan industri 4.0, sustainable energy, serta tekstil dan fesyen. Klaster usaha ketiga adalah sektor agrikultur dan ekonomi biru.

Klaster usaha keempat adalah industri pertambangan dan industri berat. Lalu, klaster usaha kelima adalah sektor furnitur dan rumah tangga serta pariwisata dan perhotelan. Terakhir, klaster usaha di sektor kesehatan (healthcare).

B20 Investment Forum juga menjadi platform dialog publik antara kementerian, pelaku usaha, dan pemangku kepentingan lain dalam membahas prioritas investasi yang diperlukan untuk mendorong perkembangan dan percepatan pembangunan, serta pemulihan ekonomi global.

Baca Juga: SAP Ungkap Kunci Sukses Bangun Value dan Strategi Keberlanjutan

Minat investor dari berbagai negara yang tinggi untuk berinvestasi di Indonesia tak lepas dari langkah strategis penyelarasan agenda prioritas B20 yang ditindaklanjuti Kadin Indonesia. Langkah tersebut dilakukan dengan mengundang investor yang tidak hanya berasal dari negara partisipan forum G20, tetapi juga negara lain, seperti Singapura dan Arab Saudi.