Find Us On Social Media :

Review Lexar NM760: Hadir Lebih Kencang dengan PCI Express Gen 4

By Dayu Akbar, Selasa, 15 November 2022 | 17:00 WIB

Lexar NM760 hadir dengan antarmuka PCI Express Gen 4 yang lebih kencang dari generasi sebelumnya.

Pada akhir tahun 2022 ini Lexar meluncurkan beberapa lini SSD terbarunya dan salah satunya adalah NM760. Sebagai generasi baru, Lexar NM760 unggulkan dukungan antarmuka PCI Express Gen 4 x4 alias PCI Express 4.0 x4, begitu pula kecepatan transfer data yang lebih kencang. Hal itu membuat SSD ini cocok digunakan oleh para pemain gim maupun profesional.

Lexar NM760 memiliki desain single side yang artinya hanya satu sisi yang terdapat cip dan komponen elektronik lain, sedangkan sisi satunya kosong. Selain lebih adem dibanding dual side, keunggulan lain yang dimilikinya adalah ketika dipasang pada laptop; sisi kosong tersebut tidak akan mengganjal mainboard.

Lexar memberikan semacam stiker yang ditempel pada sisi yang terdapat NAND dan controller. Awalnya kami mengira bahwa stiker tersebut hanya sebagai penanda saja. Nyatanya stiker tersebut juga merupakan heat spreader dengan lapisan tipis yang berguna untuk menyebarkan panas dan membantu menjaga suhu. Jadi meski tanpa heatsink, paling tidak SSD ini memiliki “peredam” suhu agar lebih adem saat digunakan.

Lexar NM760 mendukung PCI Express Gen 4 x4 yang juga kompatibel dengan generasi sebelumnya.

Lexar NM760 menggunakan SSD dengan form factor M.2 dan antarmuka logical NVMe. SSD ini memiliki M Key yang ditandai dengan cekungan yang sesuai serta punya ukuran 2280 (lebar 22 mm dan panjang 80 mm). Dimensi ini memang lazim didukung oleh mainboard, meski tak jarang dimensi yang lebih pendek seperti 2242 (lebar 22 mm dan panjang 42 mm) dan 2260 (lebar 22 mm dan panjang 60 mm) juga didukung. Dimensi tersebut membuatnya bisa digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari laptop, desktop, sampai PlayStation 5.

Seperti telah disebutkan, Lexar NM760 mendukung antarmuka (fisik) yang lebih baru yaitu PCI Express Gen 4 x4. Namun, Lexar NM760 tetap kompatibel dengan generasi sebelumnya. SSD ini tentu saja masih bisa digunakan pada slot M.2 yang mendukung sampai PCI Express Gen 3 x4 saja. Perbedaan mendasar dari generasi PCI Express bersangkutan adalah dukungan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Anda juga bisa membuat SSD internal ini menjadi perangkat eksternal dengan menambahkan enclosure untuk SSD yang dibeli secara terpisah. Namun, hal itu tentu akan berimbas pada kecepatan transfer data yang lebih rendah karena menggunakan konektor berbeda.

Lexar NM760 memiliki desain single side yang artinya hanya satu sisi yang terdapat cip NAND dan controller. Adapun sisi satunya kosong.