Find Us On Social Media :

Dell: Perhatikan 3 Hal Ini Agar Terobosan Bisnis Lebih Efektif

By Liana Threestayanti, Selasa, 15 November 2022 | 16:05 WIB

Para pemimpin bisnis semakin menyadari peran penting karyawan, Dell Technologies menganjurkan perusahaan memerhatikan tiga hal ini.

Para pemimpin bisnis semakin menyadari peran penting karyawan dalam melakukan perubahan, Dell Technologies menganjurkan perusahaan memerhatikan tiga hal ini terkait karyawan agar terobosan bisnis lebih efektif.

Khususnya di Indonesia, 96% pemimpin bisnis menyatakan bahwa karyawan adalah aset terbesarnya, menurut survei terbaru Dell Technologies yang bertajuk “Breakthrough Study”.

Di bagian lain survei tersebut juga terungkap  bahwa transformasi digital yang telah berjalan beberapa tahun terakhir dan sukses juga berpotensi mandeg. Di Indonesia, 85% responden meyakini bahwa keengganan karyawan untuk berubah dapat menyebabkan kegagalan.

Selain itu, lebih dari setengah responden di Indonesia (57%) mengkhawatirkan ketertinggalan mereka di dunia digital akibat kurangnya pemimpin yang memiliki otoritas atau visi yang tepat untuk  memanfaatkan kesempatan. Hal ini, khususnya ketika model as-a-Service menjadi pilihan yang  menguntungkan bagi banyak perusahaan. 

President, Asia Pasifik dan Jepang, dan Global Digital Cities, Dell Technologies, Amit Midha menekankan bahwa perusahaan harus menyadari adanya keterikatan erat antara kesuksesan perusahaan dan kesejahteraan karyawan. 

“Riset terbaru Dell  menunjukkan bahwa transformasi digital yang berkelanjutan terjadi di persimpangan antara teknologi  dan manusia. Untuk mencapai terobosan yang efektif, perusahaan perlu mempertimbangkan tiga pendekatan. Pertama, menyediakan pengalaman bekerja yang konsisten dan aman, yang tidak  ditentukan oleh tempat karyawan mereka bekerja. Kedua, membantu mendorong produktivitas dengan  meningkatkan kemampuan karyawan menggunakan perangkat teknologi yang memungkinkan mereka  untuk lebih fokus pada kemampuan terbaik mereka. Terakhir, menginspirasi karyawan melalui budaya empati dan kepemimpinan yang otentik,” papar Amit Midha.

Sementara Country General Manager, Indonesia, Dell Technologies, Hendra Lesmana melihat bahwa sebagian besar organisasi di dunia, termasuk Indonesia, sudah menyadari kebutuhan transformasi digital. 

“Tapi mereka mendapati transformasi digital bukan hal yang mudah, dan karyawan mereka tidak selalu bisa menerima perubahan. Gesekan antara manusia dan teknologi tersebut diperparah oleh pandemi, dan hasilnya banyak perusahaan yang tangguh secara digital, tapi sebagian  besar karyawan mereka kelelahan,” jelas Hendra.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar perusahaan benar-benar memikirkan cara perusahaan membantu karyawan secara hati-hati dan terarah dalam menghadapi perubahan-perubahan selanjutnya. 

Berdasarkan survei Dell Technologies, diketahui hanya 16% tenaga kerja Indonesia, yang terdiri dari pemimpin bisnis senior hingga pengambil keputusan TI dan staf, yang tertarik melakukan proyek-proyek modernisasi. Sementara, 24% responden Indonesia cenderung lambat atau enggan menerima perubahan.

Melalui survei ini pula, Dell Technologies memetakan bidang-bidang yang dapat menjadi fokus perusahaan dalam memberikan dukungan pada karyawan dalam rangka transformasi selanjutnya dan menciptakan terobosan yang efektif. 

1. Konektivitas