Find Us On Social Media :

Jalin Kolaborasi dengan Pos Indonesia, Microsoft Hadirkan Beragam Inisiatif di SATU Festival

By Fathia Yasmine, Selasa, 15 November 2022 | 10:13 WIB

Microsoft Satu Festival - Digital Imperative- Do More With Less

Sebagai upaya mendorong transformasi digital, Microsoft Indonesia menjalin kemitraan bersama PT Pos Indonesia. Kemitraan tersebut diresmikan keduanya melalui ajang SATU Festival di Pos Bloc Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir mengatakan, kemitraan ini merupakan bagian dari inisiatif SATU Karya, yakni sebuah inisiatif terbaru dari Microsoft Indonesia yang mewadahi kolaborasi karya digital lintas industri di Indonesia.

Melalui SATU Karya, Microsoft Indonesia memiliki misi untuk mewujudkan satu ekosistem digital yang terintegrasi, serta mendukung realisasi potensi ekonomi digital Indonesia.

Selain itu, kemitraan tersebut juga bertujuan untuk mendukung transformasi dan inovasi digital Pos Indonesia dalam penggunaan teknologi komputasi (cloud computing) serta integrasi sistem logistik yang terjangkau, dengan dukungan metode pembelajaran dari di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI).

Baca Juga: Nama Microsoft Office Berubah Jadi Microsoft 365, Apa yang Baru?

“Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat mempercepat transformasi dan inovasi digital Pos Indonesia, sehingga menciptakan pondasi untuk transformasi digital yang berkelanjutan dan inklusif, serta menjadi teladan atas makna pembangunan di era revolusi industri 5.0,” ujar Dharma.

Sejalan dengan penandatanganan kerja sama kemitraan Microsoft Indonesia dan PT Pos Indonesia juga diwujudkan melalui acara peresmian pembukaan Pos Bloc Jakarta Tahap II. Dharma menyebut, keberadaan Pos Bloc diharapkan mampu menciptakan kolaborasi lintas industri dan generasi, sesuai dengan visi Pos Bloc yaitu perubahan dan kebanggaan. 

Kolaborasi antara Microsoft Indonesia dengan PT Pos Indonesia tersebut juga ikut diapresiasi oleh  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Sebagai negara dengan jumlah perusahaan rintisan (startup) terbanyak ke-6 di dunia, ia yakin Indonesia dapat melakukan migrasi menuju ekonomi digital yang dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan menjadi Rp 4.531 triliun pada 2030. Saat ini, ekonomi digital Indonesia juga merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Makanya, saya menantang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bangun dari tidur. Di era digital ini, kita harus mengambil peran, bukan hanya menjadi penonton,” ujar Erick.

Baca Juga: Kini Microsoft Teams Punya Fitur Terjemahan, Ada Bahasa Indonesia?

Luncurkan SATU Community dan SATU Talenta  

Sebagai dukungan terhadap sistem informasi digital terintegrasi, Microsoft Indonesia juga meluncurkan dua program komunitas di bawah payung SATU Karya.