Find Us On Social Media :

Jadi Salah Satu Pilar Gerakan Menuju Smart City, Begini Inovasi Kota dan Kabupaten untuk Wujudkan Smart Living

By Fathia Yasmine, Selasa, 22 November 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi smart city

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali melanjutkan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City)  pada 2022. Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City telah dilaksanakan sejak 2017. Sebanyak 191 kota/kabupaten berpartisipasi untuk bertransformasi menjadi kota cerdas.

Lewat Gerakan Menuju Smart City, Kemenkominfo mendorong kota/kabupaten untuk membuat inovasi digital yang berkaitan dengan enam pilar, yakni pilar smart brandingsmart economy, smart governancesmart societysmart living, dan smart environment.

Untuk mewujudkan keenam pilar tersebut, pemerintah kota/kabupaten terpilih perlu membuat dan mengimplementasikan rencana induk pembangunan berbasis Smart City.

Rencana induk pembangunan kota pintar ini disusun berdasarkan tantangan serta potensi masing-masing wilayah sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga: Implementasi Smart Branding di Smart City, Bukan Sekadar Pariwisata

Selain diinisiasi Kemenkominfo, sejumlah kementerian juga ikut memberikan bimbingan dan dukungan. Adapun kementerian-kementerian tersebut mencakup Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) .

Selanjutnya, dukungan serupa juga diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kantor Staf Kepresidenan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Harapan besarnya, Gerakan Menuju Smart City dapat menciptakan momentum percepatan pembangunan smart city di seluruh penjuru Indonesia. Dengan begitu, cita-cita untuk meningkatkan taraf hidup seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud.

Inovasi Smart City untuk meningkatkan taraf hidup

Seiring dengan dilanjutkannya program Menuju Smart City 2022, sejumlah kota/kabupaten terpilih pun telah merampungkan rencana induk pembangunan kota cerdas. Salah satu inovasi yang diwujudkan adalah pilar smart living.  Pilar tersebut berkaitan dengan sarana dan prasarana umum, transportasi, termasuk Infratruktur telekomunikasi.

Melalui inovasi di pilar tersebut, sejumlah kota/kabupaten terpilih berupaya agar masyarakat didalamnya dapat hidup serta beraktivitas dengan nyaman, aman, dan tenang, dan mendapatkan akses transportasi dan telekomunikasi yang mudah.

Baca Juga: Hadirkan Inovasi Smart City, Inilah Daftar Pemda yang Raih ISNA 2022