Find Us On Social Media :

Alodokter Berikan Tips Sehat Meski Begadang Nonton Piala Dunia 2022

By Indah PM, Selasa, 13 Desember 2022 | 16:33 WIB

Geliat Piala Dunia yang sedang berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember 2022, berhasil menyuguhkan pertandingan sepakbola dari berbagai negara yang menarik minat jutaan penonton untuk menyaksikannya. Walhasil, banyak orang merelakan diri mengubah gaya hidup menjadi kerap begadang menyaksikan tim kesayangannya hingga larut malam ataupun subuh.

Kondisi kekurangan jam tidur, bukan saja mengakibatkan rasa lelah, mengantuk sepanjang hari, dan sering menguap, tetapi juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami microsleep, yaitu hilangnya kesadaran dalam waktu singkat atau beberapa detik, yang bisa muncul sewaktu-waktu, termasuk saat beraktivitas.

Akibat dari microsleep ini mencakup kesulitan atau hilangnya fokus, tidak mampu melakukan percakapan yang serius karena sulit memproses pembicaraan, mudah melupakan kejadian yang baru terjadi sesaat sebelumnya, hingga berkurangnya kontrol terhadap postur tubuh yang ditandai dengan limbung dan kepala seolah terjatuh tiba-tiba. 

Abi Noya, selaku Medical Content Marketing Senior Managerdari Alodokter mengatakan bahwa berkurangnya jam tidur, walau hanya sebulan saja, dapat menimbulkan banyak efek negatif pada tubuh. Mulai dari keluhan tidak enak badan hingga lemas, suasana hati yang mudah terganggu, sampai penurunan performa dan fokus saat beraktivitas sehari-hari karena cepat letih.

Latar belakang inilah yang mendorong Alodokter dalam memberiikan tips sederhana agar tubuh tetap sehat dan produktif dalam menjalankan aktivitas seharian.

1. Pastikan tubuh terhidrasi sepanjang hari

Menjaga hidrasi berarti memastikan tubuh mendapat cukup asupan cairan harian. Untuk mencukupinya, pastikan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air putih dalam sehari. Hal ini akan membuat tubuh tetap segar, tidak mudah lelah, dan fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa tetap fokus dalam menjalani keseharian.

2. Konsumsi kopi secukupnya dan hindari minum alkohol

Meski memiliki peran sebagai stimulan yang dapat meningkatkan fokus, energi, semangat, dan mengusir kantuk, namun jika diminum berlebihan, kafein dalam kopi justru dapat membuat sulit tidur dan beristirahat, sehingga berujung lebih mudah merasa lelah. Selain itu, untuk menjaga produktivitas, daya konsentrasi, dan kesehatan secara umum, sebaiknya hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

3. Olahraga ringan

Agar tetap berstamina dan penuh semangat, sebelum memulai aktivitas pagi, lakukanlah olahraga ringan, seperti jalan pagi dan stretching. Lebih baik lagi, kalau dilakukan di bawah sinar matahari dan paparan udara segar, yang dapat memberi stimulasi tambahan pada tubuh untuk tetap terjaga.

4. Konsumsi suplemen multivitamin

Selain mencukupi asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang, dapat juga mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga imunitas dan stamina tetap optimal. Misalnya, yang mengandung vitamin B, C, D, dan berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.