Find Us On Social Media :

Review Kingston NV2 (2 TB): Performa Kencang asal Suhu Terjaga

By Dayu Akbar, Rabu, 14 Desember 2022 | 15:00 WIB

Memiliki kapasitas terbesar, SSD Kingston NV2 (2 TB) lebih cocok untuk digunakan sebagai media simpan kedua dibandingkan sebagai media simpan utama.

 

Kingston menghadirkan SSD varian baru dengan kapasitas besar yang ditujukan bagi segmen entry-level melalui seri NV2. Kingston NV2 versi 2 TB yang kami uji ini merupakan kapasitas paling besar dari seri tersebut yang ditujukan bagi yang butuh penyimpanan relatif kencang berkapasitas besar. Selain kapasitas 2 TB, kapasitas lain yang tersedia pada seri ini adalah 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

Kingston NV2 sudah menggunakan antarmuka lebih baru yaitu PCI Express Gen 4 x4. Meski secara teoritis antarmuka ini mendukung kecepatan sampai sekitar 8 GB/s, tetapi Kingston NV2 hanya mendukung kecepatan baca sampai 3.500 MB/s atau 3,5 GB/s saja. Meski demikian, spesifikasi ini sudah cukup kencang untuk penggunaan sehari-hari. Versi 2 TB ini juga punya daya tahan cukup lama yaitu sampai 640 TBW (terabyte written). Jadi SSD ini punya daya tahan penulisan data sampai setidaknya 640 TB.

Menggunakan form factor M.2 2280 yang cukup umum dengan antarmuka yang lebih baru PCI Express Gen 4 x4, membuatnya cocok dipasang pada PC desktop ataupun laptop.

Kingston NV2 memiliki form factor M.2 2280 yang artinya memiliki ukuran lebar 22 mm dan panjang 80 mm. Dimensi ini paling umum dan sudah didukung hampir sebagian besar PC desktop ataupun laptop yang ada di pasaran saat sekarang. Jadi, sebelum membeli, pastikan mainboard-nya sudah mendukung form factor tersebut. Secara fisik, SSD ini tidak menggunakan heatsink. Cip controller-nya hanya terpasang pada satu sisi yang tertutup stiker tanpa tambahan heat spreader.

Kingston NV2 merupakan SSD tanpa DRAM cache atau biasa disebut dengan DRAM-less. Secara sederhana DRAM cache memiliki fungsi cache yang berguna untuk menyimpan data sementara sehingga mampu meningkatkan performa. Hanya saja, SSD dengan DRAM cache biasanya lebih mahal dan Kingston NV2 ini ditujukan untuk segmen entry-level dengan harga terjangkau dan performa yang masih mumpuni untuk berbagai kebutuhan.

Bidik entry-level, Kingston NV2 menempatkan cip di satu sisi tanpa heatsink ataupun tanpa heat spreader.