Find Us On Social Media :

Hadapi Resesi, Ini 5 Cara Artificial Intelligence Bantu Organisasi

By Liana Threestayanti, Kamis, 29 Desember 2022 | 21:24 WIB

Sebagai teknologi yang sedang digadang-gadang karena kemampuannya, bagaimana artificial intelligence dapat membantu perusahaan hadapi resesi?

Sebagai teknologi yang sedang digadang-gadang karena kemampuannya, bagaimana artificial intelligence dapat membantu perusahaan/organisasi di masa resesi?

Artificial intelligence (AI) menjadi salah satu teknologi yang akan menjadi andalan perusahaan di masa depan. Hal itu tercermin dari hasil survei McKinsey, AI Global Survey 2022. Salah satu temuan dari survei ini adalah peningkatan persentase jumlah perusahaan yang menggunakan AI setidaknya di satu area bisnis dari 20% di tahun 2017 menjadi 50% di 2022. 

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

Tingkat investasi AI juga meningkat, menurut survei McKinsey. Lima tahun lalu, 40% responden di organisasi yang telah mengadopsi AI melaporkan bahwa lebih dari 5% anggaran digitalnya dialokasikan untuk AI. Sekarang, 52% responden melaporkan hal tersebut. Dan ke depannya, 63% responden mengatakan bahwa mereka berharap investasi perusahaan untuk AI akan meningkat.

Dari aspek pelanggan, mengadopsi artificial intelligence pun agaknya harus menjadi agenda perusahaan. Pasalnya, menurut prediksi Servion Data Insights, pada 2025, 95% dari interaksi dengan pelanggan akan dilakukan via bot yang ditenagai oleh AI. 

Sementara dari laporan Salesforce yang berjudul State of the Connected Customer terungkap bahwa 62% pelanggan bersedia mengirimkan datanya ke AI demi pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Tak hanya bisnis dan pelanggan, para karyawan pun merasa artificial intelligence memberikan manfaat bagi mereka. Studi yang dilakukan SnapLogic pada tahun 2021 menemukan bahwa 81% pekerja kantor percaya AI akan membantu mereka meningkatkan kinerja di tempat kerja.

Seperti kita ketahui, contoh artificial intelligence kini telah merambah ke sektor dan fungsi dalam bisnis. Solusi berbasis AI dimanfaatkan di area pengalaman pelanggan, manajemen supply chain, keuangan dan akunting, manajemen risiko, dan sebagainya. 

Nah, ketika narasi resesi ekonomi 2023 terus menggema, di mana artificial intelligence bisa berperan? 

Memberikan analisis mendalam mengenai basis pelanggan

Customer analytics berbasis artificial intelligence dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar basis pelanggan, misalnya bagaimana cara menentukan calon pelanggan, dan apa ancaman terhadap retensi pelanggan di pasar yang tidak pasti. AI juga dapat membantu memberikan insight mengenai pola dan kelemahan dari basis pelanggan sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan berpotensi “berpindah ke lain hati” dan memperbaiki keseluruhan retensi pelanggan.

Mengurangi potensi fraud

Dalam kondisi pasar melemah, fraud berpotensi meningkat. Perusahaan dapat memanfaatkan AI untuk menemukan anomali dalam data keuangan sehingga akan lebih mudah mendeteksi adanya fraud.