Find Us On Social Media :

Alasan Pasar Smartphone Layar Lipat Bakal 'Booming' Tahun Ini

By Adam Rizal, Selasa, 3 Januari 2023 | 10:05 WIB

Samsung Masih Galau untuk Luncurkan Ponsel Lipat Galaxy Fold

HP layar lipat mulai mendapatkan tempat di hati pengguna, menyusul penjualan smartphone layar lipat terus meningkat tiap tahunnya.

Perusahaan riset Digital Supply Chain Consultants (DSCC) mengungkapkan HP lipat bakal sangat menarik dan makin laris penjualannya pada tahun ini.

Alasannya, para vendor smartphone mulai jeli melihat celah pasar dan membajiri pasar dengan smartphone lipat pada tahun ini. Hal itu membuat para pengguna banyak pilihan untuk membeli HP lipat dengan harga dan model yang beragam.

Alasan lainnya, data penjualan smartphone lipat tumbuh 5,2 juta unit pada kuartal III-2022 dan data itu bakal terus naik menyusul banyak vendor smartphone yang ikut dan bersaing di pasar HP lipat. DSCC memprediksi total pengiriman smartphone lipat pada tahun 2023 akan mencapai 17 juta unit.

Selama ini pasar smartphone lipat masih didominasi oleh merek Samsung.

"Pangsa pasar Samsung diperkirakan akan turun signifikan di bawah 50 persen pada kuartal I-2023 dan II-2023 karena kurangnya produk baru, sementara para pesaingnya merilis perangkat baru," tulis DSCC dikutip dari laman resmi DSCC.

DSCC memprediksi pangsa pasar Samsung Display - divisi Samsung yang khusus mengembangkan teknologi layar, naik dari 83 persen di tahun 2022 menjadi 88 persen di tahun 2023.

Sebab, semakin banyak vendor ponsel yang bergantung pada bisnis layar Samsung. Adapun BOE yang juga merupakan perusahaan produsen layar ditaksir menjadi pemasok layar lipat kedua setelah Samsung.

Kunci Sukses Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3

Smartphone lipat mendapatkan sambutan positif dari pasar, menyusul penjualan HP lipat terus tummbuh.

Saat ini Samsung merajai pasar HP lipat di dunia pada tahun lalu, mengalahkan Huawei, Oppo, hingga Xiaomi.