Find Us On Social Media :

Lima Aplikasi yang Sering Kita Pakai Ini Ternyata Pakai Teknologi AI

By Rafki Fachrizal, Senin, 9 Januari 2023 | 18:50 WIB

Contoh Aplikasi di Smartphone yang Menggunakan Teknologi AI.

AI (Artificial intelligence) atau kecerdasan buatan semakin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Di dalam aplikasi smartphone (ponsel pintar) misalnya, banyak aplikasi yang kini memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan user experience (pengalaman pengguna) aplikasi tersebut.

Bahkan, aplikasi-aplikasi yang menerapkan teknologi AI ini juga sebenarnya banyak yang kita sering pakai di keseharian kita loh.

Berikut beberapa aplikasi yang sering kita gunakan yang di dalamnya ada peran teknologi AI, sebagaimana InfoKomputer rangkum dari berbagai sumber.

1. Siri

Bagi pengguna perangkat Apple, tentunya familier dengan Siri. Itu merupakan asisten pribadi terpopuler dan salah satu contoh aplikasi pengenalan suara terbaik yang ada saat ini.

Di perangkat Apple, Siri terhubung ke informasi perangkat pengguna (seperti pesan, kalender, musik, pengingat, email, kontak, catatan, dll) secara otomatis, dan menggunakan teknologi AI untuk belajar dan menjadi "lebih pintar".

Menggunakan semua informasi itu, Siri dapat memahami perintah dan permintaan penggunanya dengan sangat mudah.

2. Google Translate

Aplikasi ini tentunya sering digunakan oleh orang-orang untuk menerjemahkan tulisan dari suatu bahasa ke bahasa lainnya.

Terjemahan yang dibuat oleh Google Translate faktanya memang tidak selalu akurat, tetapi aplikasi ini dapat meningkatkan hasil yang lebih baik semakin sering kita menggunakannya.

Ini semua dimungkinkan berkat teknologi AI. Bahkan, kini pengguna juga bisa menerjemahkan tulisan yang diambil melalui kamera smartphone dengan cepat.

3. Netflix