Find Us On Social Media :

Bosan dengan ChatGPT? Coba Lima Chatbot Super Cerdas Berikut Ini

By Wisnu Nugroho, Rabu, 18 Januari 2023 | 12:13 WIB

Inilah alternatif chatbot selain ChatGPT

ChatGPT sepertinya kepayahan melayani jumlah pengguna yang terus meroket. Dalam beberapa hari terakhir, ChatGPT seringkali menampilkan pesan kekurangan kapasitas karena terlalu banyaknya pengguna. 

ChatAI, perusahaan di balik ChatGPT, mengaku sedang meningkatkan kapasitas sistem untuk dapat melayani pengguna. Akan tetapi, masalah kekurangan kapasitas ini masih berulang dalam beberapa hari terakhir.

Jika Anda termasuk orang yang mengandalkan ChatGPT untuk melakukan tugas sehari-hari, jangan khawatir. Saat ini sebenarnya ada beberapa solusi chatbot cerdas seperti ChatGPT yang bisa digunakan. Kualitasnya memang tidak sebagus ChatGPT, namun tetap bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi dengan cepat.

Berikut adalah beberapa alternatif chatbot cerdas selain ChatGPT

1. You.com

You.com pada dasarnya adalah search engine yang dilengkapi fitur chatbot

You.com pada dasarnya adalah mesin pencari seperti Google. Bedanya, You.com memiliki fitur chatbot seperti ChatGPT. Di halaman You.com bagian chat, Anda dapat bertanya apa saja ke mesin pencari You.com. 

Dibanding ChatGPT, jawaban chatbot You.com sedikit berbeda karena menampilkan link website yang menjadi referensinya. Dengan begitu, Anda bisa menelusuri konten tersebut lebih lanjut. You.com juga mampu menampilkan data terbaru, tidak seperti ChatGPT yang terbatas data tahun 2021.

Akan tetapi, You.com tidak menyimpan percakapan, sehingga Anda harus melakukannya secara manual. 

2. Perplexity.ai

Perplexity.ai menawarkan link ke sumber informasi, namun kalimatnya terasa kaku

Perplexity.ai adalah contoh lain chatbot yang bisa menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. Chatbot ini dibangun di atas beberapa language model, seperti BERT, GPT-2, dan XLNet, selain model khusus yang dibuat developer Perplexity.