Find Us On Social Media :

Samsung Pamerkan Sensor 200 MP ISOCELL HP2 Milik Galaxy S23 Ultra

By Adam Rizal, Kamis, 19 Januari 2023 | 11:30 WIB

Rumor desain Samsung Galaxy S23 Ultra yang diprediksi memiliki kamera 200 MP.

Samsung Electronics memperkenalkan sensor kamera 200 MP terbaru yaitu nama ISOCELL HP2 yang berukuran 1/1,3 inci dan piksel 0,6 μm. Sensor kamera Samsung itu menggunakan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi yang canggih.

Samsung menggunakan teknologi pixel-binning terbaru bernama Tetra2pixel. Pada situasi ruangan dengan kondisi cahaya yang redup, sensor kamera HP2 dapat menggabungkan 4-ke-1 untuk piksel 1,2 μm dan resolusi 50 MP atau 16-ke-1 untuk piksel 2,4 μm dan gambar yang dihasilkan 12,5 MP.

Pengambilan video 8K penuh didukung dengan binning 4-ke-1 dan piksel 1,2μm. HP2 dapat melakukan burst 15 fps pada resolusi aslinya 200 MP, yang dua kali lebih tinggi dari HP3 dan 50 persen lebih baik daripada sensor HM3 100 MP seperti dikutip GSM Arena.

Sensor itu memiliki Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) untuk menghindari sorotan yang berlebihan. Teknologi Super QPD mengenali pola horizontal dan vertikal sehingga dapat menghasilkan AF yang cepat dan akurat bahkan dalam kondisi cahaya redup.

ISOCELL HP2 adalah sensor pertama yang menggunakan fitur DSG (Dual Slope Gain) Samsung dalam mode 50 MP. Sensor menerapkan dua nilai konversi terpisah ke sinyal analog yang diterima pada tingkat piksel, sehingga menghadirkan kinerja HDR super.

Hal ini berarti dapat menangkap dua eksposur menghindari risiko kehilangan detail dalam mode HDR konvensional. Selain itu, fitur memungkinkan untuk mengambil video 4K HDR pada 60 fps.

Saat ini Samsung sedang memproduksi ISOCELL HP2 dan akan memulai debutnya pada Samsung Galaxy S23 Ultra yang akan meluncur pada 1 Februari 2023.

HPX Isocell

Isocell HP3

Samsung baru saja meluncurkan HPX ISOCELL dengan sensor 200MP baru, usai sebelumnya memperkenalkan ISOCELL HP3 200MP.

ISOCELL HPX memiliki ukuran piksel 0,56 mikron yang mampu mengurangi area modul kamera sebesar 20%, sehingga menghasilkan bodi smartphone lebih tipis dan kecil.

ISOCELL HPX menggunakan teknologi Samsung Advanced DTI (Deep Trench Isolation) yang tidak memisahkan setiap piksel secara terpisah dan meningkatkan sensitivitas untuk mengambil gambar yang jelas dan jelas seperti dikutip Gadgets360

Tak hanya itu, ISOCELL juga memiliki autofokus ultra-cepat dan ultra-presisi berkat solusi autofokus Super QPD.