Find Us On Social Media :

Pakai ChatGPT, Proses Meringkas Dokumen Teks Jadi Lebih Cepat

By Liana Threestayanti, Jumat, 27 Januari 2023 | 18:30 WIB

ChatGPT menjadi viral karena memiliki kemampuan yang fenomenal. Salah satu kemampuan yang bisa dijajal adalah meringkas dokumen teks.

ChatGPT menjadi viral karena memiliki kemampuan yang fenomenal. Salah satu kemampuan yang bisa dijajal adalah meringkas dokumen teks.

Ya, Anda dapat memafaatkan ChatGPT untuk meringkas dokumen teks yang panjang, misalnya artikel, makalah, skripsi, laporan penelitian, laporan tahunan, situs web, dan sebagainya. Caranya cukup mudah. Anda cukup menyalin dan menempelkan teks dokumen yang ingin Anda ringkas di kolom chat. Lalu minta si chatbot AI besutan OpenAI ini untuk membuatnya lebih pendek. Contoh perintahnya (yang kami buat dalam bahasa Indonesia): “ringkas teks berikut menjadi 200 kata.”

Fitur ini tentu sangat bermanfaat, terutama ketika kita butuh meringkas dokumen berupa teks dengan cepat. Selain meringkas dokumen, ChatGPT juga dapat meringkas surat elektronik (surel)/e-mail yang panjang.

Selain meringkas, kita juga dapat meminta ChatGPT mencari inti atau topik yang dibicarakan di teks tersebut, lalu mengajukan pertanyaan terkait isi teks. Dengan kemampuan ini, Anda bisa dengan cepat mengekstraksi informasi yang terdapat di dalam teks, seperti nomor telepon, alamat, dan sebagainya. 

Langkah meringkas dengan ChatGPT:

  1. Akses ChatGPT di https://chat.openai.com/chat dan login.
  2. Saran kami, salin dan tempel dulu teks yang akan diringkas di aplikasi dokumen, seperti Microsoft Word atau Google Docs, supaya teks bisa dirapihkan terlebih dulu.
  3. Di kolom chat, tulis perintah untuk ChatGPT, misalnya “ringkas teks/makalah ini menjadi 400 kata atau kurang.” Beri spasi (jangan tekan Enter), lalu salin dan tempel (copy & paste) teks yang sudah dirapihkan tadi ke kolom chat ChatGPT. 
  4. Tunggu beberapa saat, ChatGPT akan menampilkan hasil ringkasannya di layar.

Inilah contoh teks yang kami umpankan ke ChatGPT: 

Dan ini hasilnya:

Berikut adalah ringkasan dan pertanyaan yang kami ajukan sehubungan dengan informasi dalam ringkasan tersebut:

Jika proses meringkas ini Anda lakukan untuk membuat tugas misalnya, manfaatkan ChatGPT sebagai bantuan untuk mempercepat proses, untuk mengetahui poin-poin penting yang ada dalam teks. Proses meringkas ini pun perlu dilakukan beberapa kali untuk menyempurnakan hasilnya.