Find Us On Social Media :

Alasan Turki Tolak Berikan Akses Internet Starlink Milik Elon Musk

By Adam Rizal, Rabu, 8 Februari 2023 | 13:00 WIB

Starlink

Pemerintah Turki menolak bantuan akses internet satelit Starlink dari Elon Musk pasca gempa bumi besar yang menghancurkan negara tersebut.

Elon Musk mengatakan Space Exploration dapat menyediakan jaringan Starlink di Turki usai pemerintah setempat memberi izin.

"Hingga saat ini Starlink belum disetujui oleh pemerintah Turki. SpaceX bisa secepatnya mengirimkan setelah disetujui," kicau Musk.

Seorang pejabat pemerintahan senior Turki mengatakan ia berterima kasih atas tawaran bantuan Internet Elon Musk karena Turki sudah punya satelit yang menjangkau seluruh area Turki.

"Kami masih punya BTS yang dapat beroperasi dengan baterai, meskipun ada beberapa daerah yang jaringan listriknya terputus," kata sumber tersebut seperti dikutip Bloomberg.

Turki diguncang gempa berkekuatan 7,8 magnitudo pada Senin (6/2) dini hari. Gempa itu menggoncah melanda Turki tenggara, dekat perbatasan Suriah, dan sejauh ini sudah lebih dari 7.800 orang tewas dan ribuan terluka akibat gempa tersebut.

Kecepatan Starlink

Starlink

Baru-baru ini SpaceX mengungkapkan kecepatan transfer data Starlink hampir 97 persen kecepatan cahaya.

Hal itu membuat Starlink memiliki potensi untuk menghadirkan internet broadband berkecepatan tinggi hingga ke lokasi terpencil.

Starlink pun sudah mulai melakukan pengujian beta supaya layanannya dapat segera dilakukan.

CEO SpaceX Elon Musk mengklaim layanan internet satelit Starlink akan memiliki kemampuan transfer data setinggi kecepatan cahaya.