Find Us On Social Media :

Kini Giliran Alibaba Bikin Chatbot AI Canggih Mirip ChatGPT

By Adam Rizal, Jumat, 10 Februari 2023 | 09:30 WIB

Alibaba Cloud

Chatbot ChatGPT sukses menjadi trendsetter di dunia IT awal tahun ini dengan menginspirasi perusahaan raksasa teknologi lainnya untuk mengembangkan layanan serupa.

Mulai dari Google dengan AI Bard-nya hingga Apple yang sedang mengembangkan produk chatbot AI.

Tak mau kalah, perusahaan cloud asal Tiongkok Alibaba juga sedang mengerjakan proyek chatbot AI yang bakal menjadi pesaing ChatGPT. Saat ini produk chatbot AI milik Alibaba itu sedang dalam tahap pengujian internal perusaaan.

“Kami akan terus berinvestasi dalam inovasi mutakhir sehingga menjadi nilai tambah untuk pelanggan kami,” kata juru bicara Alibaba seperti dilansir CNBC.

Alibaba sendiri telah mengerjakan AI generatif sejak 2017. Sontak saham Alibaba langsung meroket 3 persen mendengar langkah strategis Alibaba tersebut.

Nantinya, Alibaba akan mengintegrasikan chatbot AI canggih miliknya itu ke dalam produknya.

Didahului Baidu

Baidu Dikabarkan Mau Luncurkan Chatbot AI Mirip ChatGPT.

Usai Google memperkenalkan chatbot canggihnya AI Bard, kini giliran perusahaan mesin pencari raksasa asal China Baidu memperkenalkan ERNIE Bot.

Chatbot ERNIE Bot dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan akan segera rampung pada Maret tahun ini.

Nantinya, ERNIE Bot akan menawarkan kemampuan mirip dengan ChatGPT yang dapat menghasilkan teks seperti manusia berdasarkan input.

CEO Baidu Robin Li mengatakan perusahaan harus bergerak lincah dalam menyikapi dinamika perkembangan perangkat atau solusi teknologi berbasis artificial intelligence (AI) di pasar baik di teknologi dan aplikasi bisnis.