Find Us On Social Media :

Perbandingan Chatbot AI ChatGPT vs Google Bard, Lebih Canggih Mana?

By Adam Rizal, Jumat, 10 Februari 2023 | 11:30 WIB

Perbandingan Bard AI vs ChatGPT

Dalam sekejap, OpenAI sukses mengubah peta persaingan mesin pencari berkat chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT. ChatGPT mampu memberikan pengalaman yang lebih menarik daripada mesin pencari Google.

Bahkan, banyak pihak memprediksi ChatGPT akan menggantikan mesin pencari Google dalam dua tahun lagi. Tentunya, pernyataan itu menjadi tamparan keras buat Google sebagai penguasa mesin pencari di dunia.

Sontak, Google pun memperkenalkan chatbot canggih berbasis AI yang mirip dengan ChatGPT yaitu Google Bard. ChatGPT dan Google Bard menawarkan pengalaman yang serupa dengan pengembangan teknologi yang berbeda.

Berikut, perbandingan ChatGPT vs Google Bard:

ChatGPT

ChatGPT milik OpenAI

OpenAI memperkenalkan chatbot canggih ChatGPT pada November 2022. ChatGPT adalah chatbot berbasis teknologi AI (artificial intelligence) yang dapat melakukan interaksi percakapan dengan penggunanya secara canggih.

Maksud canggih di sini, chatbot tersebut dapat memberikan jawaban yang luwes ketika pengguna mengirimkan pertanyaan atau perintah untuk membuat sesuatu dalam bentuk teks.

ChatGPT adalah model bahasa transformer deep learning yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini dilatih dengan menggunakan banyak teks dan mempelajari cara menjawab pertanyaan dan menghasilkan teks baru. Saat digunakan, ChatGPT menggunakan informasi yang ada dalam model dan memproses input teks untuk memberikan jawaban yang terbaik.

Model ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membantu menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, atau menghasilkan (generate) teks yang terkait dengan topik tertentu.

ChatGPT menggunakan model bahasa Generative Pretrained Transformer 3 atau GPT-3. GPT-3 mampu menghasilkan teks seperti pada umumnya manusia berkomunikasi, mulai menerjemahkan bahasa, pemodelan bahasa dan menghasilkan teks untuk aplikasi seperti chatbots.

"Ini adalah salah satu model AI pemrosesan bahasa terbesar dan terkuat hingga saat ini dengan 175 miliar parameter," kata OpenAI.