Find Us On Social Media :

Aplikasi Pesan Antar Makanan Zomato Resmi Tutup Permanen di Indonesia

By Adam Rizal, Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:00 WIB

Zomato Resmi Tutup

Aplikasi rekomendasi restoran dan layanan pesan antar makanan, Zomato resmi menutup dan menghentikan operasinya di Indonesia.

Banyak pecinta kuliner membaca review makanan atau restoran yang ada di Zomato terlebih dahulu sebelum membelinya. Di situs resminya, Zomato mengucapkan salam perpisahan dengan pengguna Indonesia.

"Selamat tinggal! Ini merupakan perjalanan yang hebat tetapi sayangnya kami telah menghentikan operasi kami di sini!" tulis Zomato seperti dlihat dalam situs resmi perusahaan.

Zomato akan menjadi referensi tempat makan bagi para penggunanya termasuk di Indonesia karena Zomato memiliki banyak pilihan restoran hingga warung kaki lima favorit.

Tak hanya itu, Zomato juga memberikan detail menu dan harga di beberapa tempat makan dan menyediakan layanan pengiriman pesan antar.

Untuk bisa melihat review makanan, pengguna Zomato harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal Meski Zomato tutup layanan di Indonesia, layanan Zomato masih tersedia di India dan Uni Emirat Arab (UEA).

Tutup Kantor Terlebih Dahulu

Zomato

Aplikasi direktori restoran Zomato menutup operasionalnya di Indonesia sekaligus menghentikan layanan Zomato Pro atau Zomato Gold di Indonesia.

Layanan tersebut adalah fitur berbayar yang memungkinkan pengguna Zomato mendapat sejumlah benefit, seperti melakukan reservasi dan memilih menu makanan.

Beberapa pengguna Zomato Pro mengunggah tangkapan layar berupa pemberitahuan penutupan layanan tersebut di Twitter.

Salah satunya diunggah pengguna Zomato bernama @InNath. Dalam tangkapan layar yang dilampirkan, tertulis bahwa layanan Pro tidak dapat lagi bisa diakses mulai 30 November 2020.

Akun resmi Zomato Indonesia juga memberikan arahan pengembalian dana (refund) bagi anggota Zomato pro. Disebutkan bahwa proses pengembalian dana akan memakan waktu 15-30 hari kerja.

Masih bisa diakses

Pihak Zomato Indonesia telah mengonfirmasi penutupan ini. Kendati demikian, pengguna Zomato di Indonesia masih bisa mengakses direktori restoran dan cafe di website dan aplikasi.

"Namun, untuk pemeliharaan konten akan langsung dilakukan dari HQ di India," jelas perwakilan Zomato Indonesia melalui pesan singkat.

Informasi serupa juga dicantumkan Zomato dalam laman frequently asked questions (FAQ) yang hanya bisa diakses anggota Zomato Pro.

"Kami bersyukur atas semua cinta yang kami dapatkan dari pengguna, komunitas restoran, dan semua mitra kami, kami melakukan penyesuaian strategi pasar kami sesuai visi jangka panjang," tulis pengumuman tersebut.

Belum diketahui berapa banyak karyawan yang terdampak atas penutupan operasional ini dan kompensasi apa saja yang akan diberikan. Kabar bisnis Zomato yang kurang sehat mulai terendus bulan Mei lalu.

Dilaporkan Tech Crunch, start-up asal India ini memutus hubungan kerja (PHK) 500 atau 13 persen karyawannya dari total 4.000 karyawan secara global. Karyawan yang tersisa juga mengalami pemotongan gaji.

Sebelummya, Zomato juga telah mem-PHK 540 karyawan di bagian customer service pada September 2019. PHK dan penutupan kantor operasional Zomato tak lain disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang turut melemahkan industri kuliner.

Di India sendiri, pemerintah sempat melakukan karantina wilayah nasional pada bulan Maret lalu. Namun hingga kini, Negeri Anak Benua itu masih berjibaku dengan virus Covid-19 dan mencatatkan 7,5 juta kasus.