Find Us On Social Media :

Sering Pakai Layanan Fintech? Ini Tips Lindungi Data Pribadi Biar Aman

By Rafki Fachrizal, Jumat, 17 Februari 2023 | 14:15 WIB

Ilustrasi Fintech (Financial Technology).

Tingkat literasi digital masyarakat di Indonesia masih menjadi tantangan bagi pertumbuhan industri fintech (financial technology).

Indeks Literasi Digital Nasional menunjukkan bahwa pilar keamanan digital mendapatkan angka terendah dengan hanya 3,12 pada skala 1 - 5.

Indeks tertinggi untuk literasi digital berasal dari pilar digital culture dengan sebesar 3,84, disusul digital ethics 3,68, dan digital skill3,52.

Berbagai oknum lantas terus memanfaatkan kondisi tersebut untuk melancarkan berbagai modus yang berpotensi merugikan pengguna, seperti pencurian dan penyalahgunaan data pribadi yang berujung pada pemalsuan transaksi.

Oleh karena itu, edukasi di masyarakat perlu untuk terus ditingkatkan untuk menutup celah penyalahgunaan data pribadi yang masih marak terjadi saat ini di industri fintech.

Nah, berikut ini beberapa tips dari layanan fintech paylater Kredivo, terkait menjaga keamanan data pribadi bagi pengguna fintech agar dapat terhindar dari kerugian penyalahgunaan data pribadi.

1. Gunakan fintech yang tepercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melalui penggunaan aplikasi fintech yang telah terdaftar di OJK, pemenuhan hak Anda atas keamanan dan perlindungan data pribadi oleh fintech akan dijamin dan terus diawasi oleh OJK.

Saat ini, telah banyak tersedia berbagai aplikasi fintech yang terdaftar di OJK.

2. Unduh aplikasi dari sumber resmi.

Pastikan Anda mengunduh aplikasi fintech hanya dari dari Google Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS) agar terhindar dari malware.

Hal ini juga dapat menghambat pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses dan mengambil data pribadi Anda.

3. Hindari menyebarkan password, PIN ataupun kode OTP dan rutin mengubah password akun Anda.