Find Us On Social Media :

Penjual di E-commerce Wajib Tahu, Ini 5 Cara Kirim Paket Ukuran Besar

By Rafki Fachrizal, Selasa, 21 Februari 2023 | 16:25 WIB

Agar produk yang dijual sampai ke tangan pelanggan, para penjual atau pemilik toko online di e-commerce/marketplace akan menggunakan layanan paket pengiriman dengan berbagai jenis pilihan, mulai dari instan, same-day, reguler hingga kargo.

Nah, bagi penjual yang menjual produk-produk dalam ukuran besar atau berat, seperti kasur, kulkas, televisi dan masih banyak lagi, tentunya harus memerhatikan beberapa hal penting karena ada penanganan khusus dibanding barang ukuran biasa pada umumnya.

Tokopedia melalui Stephanie Octavia, Sales and Operations (Logistics) Senior Lead Tokopedia, membagikan lima cara mengirim paket besar atau berat secara aman.

1. Pastikan Barang Dikemas Aman

Gunakan paper bubble wrap dan kardus secukupnya untuk menghindari risiko kerusakan barang. Jika barang mudah pecah, gunakan kotak kayu sebagai pelindung tambahan.

“Banyak pegiat usaha di Tokopedia yang menyediakan pilihan paper bubble wrap untuk menunjang kebutuhan penjual, contohnya Pulpable Indonesia dan Sustaination,” ucap Stephanie.

2. Ukur Berat dan Dimensi Paket Sebelum Pilih Jasa Pengiriman

“Total berat paket adalah berat barang ditambah berat kemasan. Jika total berat barang lebih dari 5 kilogram (kg), penjual bisa menggunakan jasa pengiriman kargo,” ujar Stephanie.

Dengan pengiriman kargo, penjual dapat memilih sistem antar barang ke agen atau dijemput kurir sesuai kebutuhan.

Selain kargo, jasa pengiriman dengan kendaraan roda dua (motor) juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim paket di atas 5 kg.

Misalnya, barang dengan maksimal berat 7 kg dan volume mencapai 45 cm x 45 cm x 20 cm dapat dikirim same-day, sedangkan barang dengan maksimal berat 20 kg dan volume mencapai 70 cm x 50 cm x 50 cm dapat dikirim instan.

3. Mengirim Paket 20-150 Kg dengan Jasa Pengiriman Instan Roda Empat

“Penjual kini juga bisa mengaktifkan opsi pengiriman instan untuk mengirim paket dengan berat 20-150 kg dan dimensi maksimal 100 cm x 100 cm x 80 cm menggunakan kendaraan roda empat (mobil), yaitu GoSend Car Instant,” kata Stephanie.