Find Us On Social Media :

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Selama Ramadan, Pelaku Bisnis Wajib Tahu

By Rafki Fachrizal, Jumat, 24 Februari 2023 | 14:35 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Tidak terasa sebentar lagi umat islam akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 2023 atau 1444 Hijriah.

Selain disambut dengan suka cita oleh umat muslim Indonesia, Ramadan juga menjadi momen yang dinantikan pelaku bisnis karena biasanya akan terjadi peningkatan transaksi berbelanja masyarakat.

Sebuah laporan dari The Trade Desk menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini.

Terkait dengan transaksi belanja di bulan Ramadan, platform e-commerce Tokopedia juga melihat bahwa minat belanja masyarakat Indonesia di Ramadan tahun ini diprediksi masih akan tinggi.

Prediksi itu muncul setelah berkaca dari hasil data internal Tokopedia yang ditemukan selama Ramadan 2022.

Selama Ramadan di tahun lalu, Tokopedia mengalami peningkatan jumlah page view dan jumlah pesanan.

“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, dalam acara Media Briefing yang digelar Kamis (23/2/2023).

Data internal Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 juga menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya.

Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.

Sementara untuk kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga.

Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.

Edwin menambahkan, “Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.”