Find Us On Social Media :

Top 10 Peluang Karier di Bidang AI Tahun Ini, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 Februari 2023 | 14:45 WIB

Inilah Top 10 Karier Teratas di Bidang AI (Artificial Intelligence) pada Tahun 2023 Ini.

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan teknologi yang mengalami perkembangan pesat dan memiliki potensi besar untuk mengubah cara kita hidup dan bekerja.

Apalagi, teknologi AI akhir-akhir ini juga semakin populer dengan hadirnya ChatGPT dan platform chatbot berbasis AI sejenisnya yang terbukti bisa mempermudah pekerjaan manusia.

Dengan perkembangan teknologi AI, tentunya SDM (sumber daya manusia) untuk mengembangkan teknologi tersebut semakin dibutuhkan oleh para pelaku industri.

Karena itu, tidak mengherankan jika peluang karier di bidang AI terus bermunculan dan dianggap menarik bagi banyak orang.

Fakta itu tentunya membuktikan bahwa teknologi AI mampu menciptakan banyak pekerjaan baru bagi orang-orang di seluruh dunia.

Nah, jika Anda tertarik berkarier di bidang AI, tentunya penting mengetahui apa saja peluang karier teratas saat ini.

Sebagai catatan, untuk memulai karier di bidang AI, Anda harus memiliki latar belakang dalam matematika, ilmu komputer, atau bidang terkait lainnya, serta memiliki keterampilan dalam pemrograman dan analisis data.

Lebih lanjut, berdasarkan informasi yang InfoKomputer rangkum dari Analytics Insight, inilah top 10 peluang karier di bidang AI pada tahun 2023.

1. AI Engineer

Bertugas membangun. mengembangkan, menguji, dan menerapkan model AI. Seorang AI Engineer tahu bagaimana cara mengelola infrastruktur AI.

Selain itu, AI Engineer juga menggunakan algoritme Machine Learning (pembelajaran mesin), dapat mengolah data dan memahami tentang neural network (jaringan saraf) untuk membuat model AI yang berguna bagi perusahaan/organisasi.

2. Data Scientist

Seorang Data Scientist menganalisis data dari berbagai sumber untuk menemukan pola dan tren, serta memberikan wawasan berharga bagi perusahaan/organisasi.