Find Us On Social Media :

Nih! 10 Kasus Manfaat Penggunaan ChatGPT di Industri Perbankan

By Adam Rizal, Jumat, 10 Maret 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Bank wajib mengadopsi teknologi mutakhir untuk meningkatkan kualitas pelayanan nasabah dan memenuhi persyaratan kepatuhan. Bank juga dapat memanfaatkan inovasi canggih artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT untuk meningkatkan produktivitas, merampingkan operasi, dan meningkatkan layanan mereka.

Berikut 10 keuntungan atau manfaatkan penggunaan ChatGPT untuk industri perbankan seperti dikutip Forbes:

1. Layanan Pelanggan

Bank dapat menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami (NLP) ChatGPT, ChatGPT dapat menanggapi pertanyaan, keluhan, dan permintaan pelanggan akan informasi dengan cepat dan efisien.

2. Deteksi Fraud atau Penipuan

ChatGPT dapat membantu bank untuk mendeteksi dan mencegah penipuan dengan menganalisis sejumlah besar data transaksi dan mengidentifikasi pola yang mencurigakan. Hal itu dapat membantu bank melindungi aset keuangan nasabah dan mengurangi kerugian akibat penipuan. 

3. Penyaluran Kredit

Biasanya penyaluran kredit bank melalui proses kompleks termasuk mengumpulkan data pelanggan, menganalisis skor kredit, menilai risiko, dan memproses aplikasi pinjaman. Dengan memanfaatkan kemampuan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pembelajaran mesin (ML) ChatGPT, bank dapat mengotomatiskan banyak tugas sehingga proses penyaluran jauh lebih cepat dan lebih mudah.

ChatGPT juga dapat membantu bank dalam mengumpulkan data pelanggan, menganalisis kelayakan kredit, dan memberikan umpan balik secara real-time pada aplikasi pinjaman. ChatGPT dapat menganalisis data dalam jumlah besar dan membuat prediksi yang akurat, bank dapat mengurangi risiko gagal bayar dan membuat keputusan yang matang tentang persetujuan pinjaman.

4. Manajemen Kekayaan

ChatGPT dapat membantu bank menyediakan layanan manajemen kekayaan yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Dengan bantuan ChatGPT, bank dapat menganalisis data pelanggan dan memberikan rekomendasi investasi yang disesuaikan berdasarkan tujuan keuangan masing-masing dan toleransi risiko.

5. Kepatuhan