Find Us On Social Media :

Pakai Open Source, Bank OCBC NISP Tingkatkan Pengalaman Digital Nasabah

By Liana Threestayanti, Jumat, 17 Maret 2023 | 22:04 WIB

Untuk meningkatkan pengalaman digital para nasabahnya melalui aplikasi mobile banking, Bank OCBC NISP mengadopsi teknologi open source dari Red Hat. (Foto: Vony Tjiu, Country Manager, Red Hat Indonesia dan Komang Artha Yasa, Information Technology Division Head, Bank OCBC NISP)

Untuk meningkatkan pengalaman digital para nasabahnya melalui aplikasi mobile banking ONe Mobile, Bank OCBC NISP mengadopsi teknologi open source dari Red Hat.

Seperti yang banyak kita lihat saat ini, preferensi masyarakat mengalami pergeseran dalam banyak hal, terutama sejak pandemi. Tak terkecuali di sektor layanan keuangan, khususnya perbankan. “Shifting ini menuntut semua industri, termasuk bank, untuk step up dan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat,” jelas Komang Artha Yasa, Information Technology Division Head, Bank OCBC NISP.  

Hal inilah yang kemudian mendorong Bank OCBC NISP untuk bertransformasi digital, termasuk mendigitalisasi produk dan layanannya. “Dan dari perspektif OCBC NISP, produknya harus digital, channel access digital, cara kita melayani harus digital, operating juga harus digital, sehingga end-to-end harus digital ready,” ucap Komang.

Strategi Agility dan Modernisasi

Komang Artha Yasa membeberkan dua hal yang dilakukan Bank OCBC NISP untuk mewujudkan digital ready yang end-to-end: mengadopsi corporate agility dan melakukan modernisasi infrastruktur.

“Seiring dengan terjadinya percepatan transformasi digital, kami menyadari bahwa Bank juga harus mengadopsi digitalisasi – oleh karena itu, Bank OCBC NISP mengadopsi metode yang agile dan menjalani modernisasi infrastruktur teknologi. Hal ini dilakukan agar Bank terus bisa bersaing, berkolaborasi, dan siap menyambut masa depan,” tegasnya.

Ia menambahkan, digitalisasi yang diadopsi Bank OCBC NISP juga harus memungkinkan ekspansi terhadap kapabilitas bank. Strategi ini akan memungkinkan nasabah mengakses layanan perbankan tidak hanya dari kanal milik Bank OCBC NISP tapi juga melalui layanan dan aplikasi yang biasa digunakan nasabah sehari-hari, misalnya aplikasi ride hailing, pemesanan makanan, atau hiburan. 

“Kami menyediakan interface dan interoperability sehingga layanan kami bisa diintegrasikan dan dinikmati ekosistem-ekosistem yang ada di luar (ekosistem Bank OCBC NISP, sehingga kami bisa lebih dekat dengan nasabah kami,” ujar Komang. 

Produk digital Bank OCBC NISP berupa aplikasi mobile banking ONe Mobile diluncurkan pada tahun 2018. Dan per Desember 2022, Bank mencatatkan peningkatan aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi ONe Mobile sebesar 37% YoY. Hal tersebut menggambarkan penerimaan yang baik dari nasabah akan fitur-fitur ONe Mobile yang dapat mendukung mereka, baik untuk kebutuhan wealth management hingga transaksi sehari-hari (daily banking).

Akselerasi Time-to-Market

Pengembangan aplikasi ONe Mobile didukung oleh teknologi open source Red Hat, khususnya Red Hat OpenShift dan Ansible Automation. 

Menurut Komang, Bank memilih open source karena beberapa alasan. “Alasan utamanya, salah satunya, bahwa open source technology itu adalah collaborative solution yang tidak hanya dilakukan satu orang, tapi mungkin ratusan sampai ribuan orang,” ujar Komang.