Find Us On Social Media :

Review Lenovo Ideapad Slim 1: Entry Level yang Stabil dan Adem

By Dayu Akbar, Minggu, 19 Maret 2023 | 20:45 WIB

Lenovo Ideapad Slim 1

Akhir tahun 2022 lalu, AMD meluncurkan varian baru dari prosesor kelas entry-level yaitu AMD Ryzen 7020 series. Dengan fabrikasi 6nm, prosesor tersebut menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi di segmen tersebut.

Hal ini tentu cocok untuk kebutuhan sehari-hari yang ringan-ringan serta yang butuh aktivitas yang mengandalkan baterai. Dan tidak lama berselang, Lenovo gerak cepat memperbarui lini laptop murah-nya menggunakan salah satu varian prosesor tersebut dengan menghadirkan Lenovo Ideapad Slim 1.

Sebagai laptop entry-level, Lenovo Ideapad Slim 1 hadir dengan desain minimalis dan terkesan polos. Dengan pilihan warna cloud grey atau abu-abu, tampilan ini justru terlihat menarik dan elegan. Sebagian besar bodinya menggunakan material polycarbonate yang cukup mulus dan licin saat dipegang. Meski demikian jangan kuatir cepat kotor karena bodi tersebut tetap aman dari bercak sidik jari maupun tangan.

Dengan form factor clamshell, bodinya menggunakan material polycarbonate yang asiknya saat dipegang tidak meninggalkan bercak sidik jari atau tangan.

Dimensinya ringkas dengan panjang 32,5 cm, lebar 21,6 cm, dan ketebalan 1,79 cm. Ditambah dengan bobotnya yang hanya 1,37 kg, laptop ini cukup nyaman dibawa atau dimasukkan dalam tas. Tambahan adaptor kecil berdaya 65 watt dengan berat 229 gram, tidak akan terasa berat saat dibawa bersamaan.

Ideapad Slim 1 menggunakan layar berukuran 14 inci. Panelnya cukup menggunakan jenis TN (Twisted Nematic) yang kerap digunakan pada segmen tersebut. Namun jangan salah, resolusinya sudah full HD atau 1920 x 1080 pixel dan memiliki aspek rasio 16:9. Dan guna menambah kenyamanan saat digunakan dalam ruang terbuka, panelnya sudah dilengkapi dengan anti-glare guna menghindari pantulan cahaya. Untuk desainnya cukup kekinian karena bezel kiri dan kanan berukuran tipis. Sedangkan bezel atas lebih tebal karena terdapat webcam dan mikrofon.

Webcam-nya memiliki bentuk kamera bulat besar yang sudah disematkan fitur privacy shutter. Fitur ini hadir berupa switch bisa digeser dan berfungsi mengaktifkan penutup lensa webcam untuk alasan privasi. Webcam-nya sendiri memiliki resolusi 720p dengan 16:9 serta frame rate 30 fps. Memang sederhana namun cukup untuk sekedar aktivitas meeting atau belajar online yang tidak terlalu menuntut detail tinggi.

Webcam-nya dilengkapi dengan fitur privacy shutter berupa switch yang bisa digeser.

Tampilan keyboard terlihat sederhana dan mirip dengan seri Ideapad lainnya. Tombol-tombolnya standar dengan tidak menyertakan area numpad. Sementara untuk jarak antar tombol cukup renggang. Ditambah dengan travel key yang rendah membuat nyaman saat mengetik. Yang agak disayangkan adalah absennya backlit sehingga agak kesulitan mengetik saat kondisi temaram atau gelap.

Untuk touchpad-nya punya ukuran standar yang tidak terlalu besar dengan permukaan licin. Tidak ada dedicated button dan cukup responsif. Untuk tombol klik kiri dan kanannya terasa empuk dan cukup nyaman digunakan jika tidak memiliki mouse tambahan.

Konektivitas yang disediakan sudah cukup menunjang aktivitas keseharian. Di sisi kiri terdapat port DC-In, USB 3.2 Gen 1 type-A, HDMI, USB 3.2 Gen 1 type-C, dan audio combo jack. Dan di kanan, ada USB 2.0 type-A serta memory card reader yang mendukung jenis SD Card. Untuk koneksi nirkabelnya mendukung WiFi 6 dan bluetooth 5.0.

Lenovo mempertahankan layout keyboard yang sederhana namun mengedepankan kenyamanan, sayang tidak disertakan lampu backlit.