Find Us On Social Media :

Bukan Samsung, Ini Alasan Apple Kuasai Pasar Chipset 3nm di Dunia

By Adam Rizal, Selasa, 21 Maret 2023 | 09:30 WIB

TSMC

Saat ini pabrikan semikonduktor TSMC mulai memproduksi massal chip 3nm generasi pertama pesan Apple. Apple pun diprediksi akan menguasai pasar chipset 3 nm karena harganya yang mahal.

Sebagai informasi, chip 3nm generasi pertama itu memiliki tingkat keberhasilan 80 persen dan setiap 100 chip yang dihasilkan dari sebuah wafer ada 80 chip yang lolos uji kualitas. Harga sebuah wafer 3nm sangat mahal senilai USD20 ribu.

Sedangkan, wafer chip 5nm hanya USD 16 ribu. Dengan harga semahal itu, hanya Apple yang sanggup membelinya.

Rencananya, Apple membenamkan chipset 3 nm ke dalam iPhone 15 Pro dan iPhone 15 ultra seperti dikutip Phone Arena.

CEO C.C Wei mengatakan chip yang dibangun dengan proses N3 atau 3 nm itu akan menghasilkan USD 1,5 triliun untuk TSMC dalam kurun waktu lima tahun ke depan. "Chip N3 ini punya performa 15 persen lebih tinggi dan konsumsi daya 30 persen lebih rendah dibanding N5 (5nm)," katanya.

Setelah pesanan produksi N3 kelar, barulah TSMC akan memproduksi chipset N3E pada pertengahan kedua tahun 2023 ini.

Harga chip N3E akan lebih murah dan lebih mudah dibuat dibanding N3. Hal itu membuat chip N3E akan mempunyai konsumen yang lebih luas dan Qualcomm.

Hal itu dikarekan TSMC akan menjual chip tersebut ke pihak lain, alias mendapat keuntungan dari chip tersebut. Jadi mereka harus menekan biaya produksi sebesar-besarnya.

Dikalahkan TSMC

Samsung kalah bersaing dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) untuk memproduksi chipset Snapdragon pesanan Qualcomm. Samsung Semiconductor menerima lampu hijau untuk melanjutkan produksi massal chipset 4nm generasi ketiga, demikian diungkapkan sumber dari Korea.

Samsung berhasil mencapai hasil wafer (sirkuit terintegrasi yang telah diukir pada chip silikon) yang memuaskan dari chipset generasi baru yang akan membantu menurunkan konsumsi daya. Proses produksi diperkirakan akan dimulai pada akhir semester I/2023 yaitu tiga bulan lagi.

Sebelumnya, hasil produksi satu wafer Samsung sangat jelek di pabrik Hwaseong dan mendorong Qualcomm untuk mengontrak Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), untuk platform 4nm.