Find Us On Social Media :

Laris! Supermicro Targetkan Penjualan Server Tembus USD10 Miliar

By Adam Rizal, Minggu, 26 Maret 2023 | 17:00 WIB

Super Micro

Super Micro Computer, Inc., (Supermicro) tumbuh sangat cepat dari tahun ke tahun dan telah menetapkan target penjualan tahunannya mencapai USD$10 miliar.

Supermicro adalah perusahaan teknologi informasi yang berbasis di San Jose, California AS. Ia memiliki operasi manufaktur di Silicon Valley AS, Belanda dan Science and Technology Park di Taiwan.

Didirikan pada 1 November 1993, Supermicro adalah penyedia server berkinerja tinggi dan berefisiensi tinggi, perangkat lunak manajemen server, dan sistem penyimpanan untuk berbagai pasar, termasuk pusat data enterprise, komputasi awan, kecerdasan buatan, 5G, dan edge computing.

Keunikan dibandingkan KompetitornyaSejak munculnya pasar server X86 tiga puluh tahun yang lalu, Supermicro telah menjadi unik di antara sesama perusahaan yang membuat server.

Pada awalnya, Supermicro hanya membuat motherboard dan komponen lain untuk server sehingga perusahaan lain dapat membuat dan menjualnya. Tetapi akhirnya, ia membuat sistem lengkap yang dapat dibeli langsung oleh pelanggan.

Supermicro juga menarik karena menjangkau dunia yang sangat berbeda, yaitu produsen peralatan asli (Original Equipment Manufacturer - OEM) dan produsen desain asli (Original Design Manufacturer - ODM). OEM membuat server yang menjualnya ke perusahaan, pemerintah, dan organisasi lain. Sementara ODM bekerja sama dengan hyperscaler dan pembuat cloud untuk merancang bersama mesin yang dipesan lebih dahulu dan kemudian membuatnya untuk mereka.

Pandemi virus corona telah menjadi pedang bermata dua bagi banyak OEM dan ODM, tetapi sangat baik untuk Supermicro karena, dalam banyak kasus, ia memiliki rantai pasokannya sendiri. Itu adalah salah satu alasan mengapa Supermicro mengalami pertumbuhan eksplosif pada tahun 2021 dan 2022, sementara OEM dan ODM lainnya mengalami masalah rantai pasokan.

Memperluas Pabrik ke Asia

Super Micro

Pada kuartal kedua kuartal fiskal 2023 yang berakhir pada bulan Desember 2022, Supermicro membukukan penjualan USD$1,8 miliar, naik 53,8 persen, dan laba bersih naik 4,2 kali lipat menjadi USD$176 juta. Memiliki uang tunai mencapai USD$305 juta bukanlah jumlah yang kecil.

Apalagi ketika pabrik-pabrik harus selalu diperluas – tidak di satu tempat, tapi di seluruh dunia. Pabrik pembuat komputer Supermicro di Fremont, California, merupakan tempat yang bagus karena dekat dengan begitu banyak bakat teknik dan begitu banyak vendor, Tapi itu mungkin tempat paling mahal di dunia untuk manufaktur.

Dan meskipun Supermicro, sudah memiliki pabrik di Taiwan dan Belanda (untuk melayani pasar Eropa), ia sedang mencari cara untuk mendapatkan biaya produksi yang lebih murah yang juga dapat melayani pelanggannya di Asia.