Find Us On Social Media :

Alasan Banyak UMKM Pakai Jasa GrabAds, Tawarkan Banyak Keuntungan

By Adam Rizal, Kamis, 30 Maret 2023 | 10:00 WIB

Iklan merupakan komponen penting dalam ekosistem Grab yang dapat membantu para merchant meraih kesuksesan. GrabAds berkomitmen untuk mengedukasi para merchant dan pengiklan tentang bagaimana platform Grab dapat membantu bisnis mereka bertumbuh dan mencapai tujuannya.

GrabAds merupakan layanan yang memberikan peluang bagi para pelaku usaha, terlepas dari ukuran dan skala bisnisnya, untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen Grab selagi mereka membeli makanan, berbelanja, berkendara, dan bertransaksi untuk kebutuhan sehari-hari.

GrabAds memungkinkan para pemasar untuk beriklan di sepanjang proses perjalanan konsumen secara online - mulai dari tahap pencarian, ke tahap pertimbangan, hingga pembelian – dan melalui berbagai cara, mulai dari iklan banner sederhana, skema loyalitas, gamifikasi berhadiah atau bahkan sampel produk.

"Ekosistem Grab menggabungkan efisiensi dari jaringan mitra kami dengan pemahaman tentang interaksi para konsumen di berbagai layanan superapp Grab dan solusi pembayaran seperti OVO," kata Melinda Savitri (Country Head of Marketing, Grab Indonesia).

Melinda mengatakan bisnis kecil atau UMKM menjadi kelompok pengiklan utama dalam GrabAds sekaligus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Sayangnya, kebanyakan dari bisnis kecil belum memahami relevansi dan pentingnya iklan dalam strategi penjualan.

"GrabAds melihat adanya peluang bagi UMKM untuk menggunakan iklan GrabAds di dalam hasil pencarian makanan, yang kemudian dapat berhubungan langsung dengan penjualan," katanya

Karena itu, GrabAds menawarkan nilai unik bagi para merchant – berbagai informasi konsumen yang berharga dan penempatan iklan yang sesuai di berbagai kategori dan perjalanan konsumen, baik secara online maupun offline. 4 Kelompok Pengiklan

GrabAds sendiri melayani empat kelompok pengiklan utama. Pertama, restoran independen kecil, yang meningkatkan penjualan mereka dengan menggunakan penawaran iklan sederhana yang terintegrasi di dalam aplikasi merchant Grab (Ads Manager).

"Dengan menggunakan Ads Manager, mereka dapat mengatur iklan pencarian yang muncul di dalam GrabFood melalui 3 langkah sederhana. Mereka dapat mengukur dampak dari iklan tersebut dengan menghubungkan angka penjualan melalui GrabFood terhadap klik dan views dari iklan yang sedang dijalankan," katanya.

Kedua, UKM skala menengah. Kelompok ini menggunakan iklan tergantung pada tujuan spesifik yang ingin dicapai.

"Mereka dapat menggunakan iklan untuk meningkatkan volume pesanan rata-rata, mendorong penjualan untuk menu tertentu, meningkatkan share of voice, atau menargetkan segmen audiens tertentu yang ingin mereka kembangkan," ucapnya.

Ketiga, merchant skala besar, seperti  McDonald’s, Starbucks, Unilever, Coca-Cola  dan banyak merchant lainnya.