Find Us On Social Media :

Intel Kenalkan vPro Terbaru yang ditenagai Core Generasi ke-13

By Cakrawala, Selasa, 18 April 2023 | 20:00 WIB

Intel kenalkan platform Intel vPro terbaru yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 yang menawarkan aneka kenggulan seperti cyber security yang lebih baik.

Setelah mengumumkan lini prosesor Intel Core Generasi ke-13 untuk mobile seperti laptop dan 2 in 1 pada awal tahun 2023 seperti yang disampaikan di sini, Intel bulan lalu mengenalkan pula platform Intel vPro terbaru yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 di dunia. Sebelumnya, Intel Core Generasi ke-13 yang memiliki codename Intel Raptor Lake ini diluncurkan pada Intel Innovation 2022 pada bulan Septembar lalu. Kala itu, beberapa prosesor yang diluncurkan adalah untuk desktop. Ditujukan untuk bisnis, Intel pun mengeklaim Intel vPro dengan Intel Core Generasi ke-13 menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan para perangkat yang berumur 3 sampai 4 tahun maupun aneka perangkat yang menggunakan produk-produk kompetitor.

"Selama hampir dua dekade, kami telah berkomitmen terhadap misi kami untuk menghantarkan produk-produk dan aneka teknologi yang membuat para organisasi tetap berjalan dan para pekerja tetap produktif. Dengan lini prosesor Intel Core Generasi ke-13 kami yang baru, platform Intel vPro tetap menjadi fondasi komputasi bisnis yang terdepan, memberikan yang terbaik dalam keamanan [siber — cyber security], manajemen bisnis, dan kinerja untuk para organisasi dengan segala ukuran," tegas Stephanie Hallford (Intel Vice President and General Manager of the Commercial Client Division).

Intel mengeklaim bahwa PC dengan Intel vPro terbaru yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 bisa memberikan cyber security yang lebih baik dan kinerja yang lebih bertenaga dibandingkan PC yang berumur 3 sampai 4 tahun. Intel menyebutkan Intel vPro terbarunya menawarkan pengurangan attack surface sekitar 70% dibandingkan Intel vPro yang berumur 4 tahun. Namun, InfoKomputer tidak menemukan informasi secara spesifik akan Intel vPro yang berumur 4 tahun tersebut menggunakan Intel Core Generasi berapa. Menilik tahunnya kemungkinan platform itu menggunakan Intel Core Generasi ke-9 dengan codename Intel Coffee Lake (Refresh).

Sementara, untuk kinerja, Intel menyebutkan Intel vPro terbarunya yang ditenagai Intel Core Generasi ke-13 menawarkan kinerja yang sampai sekitar 230% lebih tinggi dibandingkan Intel vPro yang berumur 3 tahun. Bahkan, dalam model penggunaan tertentu, kinerja yang dimaksud bisa lebih tinggi sekitar 280%. Khusus Intel vPro yang berumur 3 tahun, Intel menyampaikan bahwa platform tersebut ditenagai oleh Intel Core Generasi ke-10 yang memiliki codename Intel Comet Lake. Peningkatan kinerja signifikan yang ditawarkan Intel vPro terbaru tentu saja berkat peningkatan IPC (instructions per cycle) dan jumlah core yang lebih banyak yang dihadirkan Intel Core Generasi ke-13 terhadap Intel Core Generasi ke-10.

Ditenagai Intel Core Generasi ke-13, Intel vPro terbaru tawarkan kinerja yang lebih tinggi dari Intel vPro yang berumumur 3 tahun maupun yang menggunakan produk-produk kompetitor.

Adapun terhadap produk-produk kompetitor, Intel juga mengatakan bahwa Intel vPro dengan Intel Core Generasi ke-13 bisa memberikan cyber security yang lebih baik dan kinerja yang lebih tinggi. Intel mengatakan Intel vPro terbaru menawarkan efikasi yang lebih tinggi 93% dalam mendeteksi ransomware attack kelas atas dibandingkan produk-produk kompetitor yang adalah produk-produk AMD. Namun, efikasi yang lebih tinggi ini sebenarnya lebih kepada sejumlah generasi Intel vPro, tidak hanya yang terbaru. Dengan kata lain, intel vPro yang ditenagai Intel Core generasi sebelum Intel Core Generasi ke-12 juga menawarkan efikasi yang serupa.

Sementara, untuk kinerja, Intel mengeklaim Intel vPro dengan Intel Core Generasi ke-13 bisa memberikan kinerja yang lebih tinggi sekitar 40% dibandingkan produk kompetitor yang dalam hal ini, seperti sebelumnya, adalah produk dari AMD. Bahkan, dalam model penggunaan tertentu, kinerja yang ditawarkan platform Intel vPro dengan Intel Core Generasi ke-13 bisa lebih tinggi sekitar 58% dibandingkan produk kompetitor. Kinerja yang lebih tinggi tersebut tentunya pula berkat IPC, frekuensi kerja alias clock, dan jumlah core yang ditawarkan Intel Core Generasi ke-13.

Intel TDT

Salah satu fitur andalan Intel vPro terbaru yang dikedepankan Intel adalah Intel TDT (Threat Detection Technology). Intel TDT didefinisikan Intel sebagai sekumpulan teknologi yang menambahkan suatu lapisan pendeteksi yang dibantu oleh peranti keras (hardware-assisted detection layer) kepada solusi-solusi cyber security. Dengan kata lain terdapat teknologi sehubungan cyber security yang dimaksud yang merupakan peranti keras — biasanya fitur yang berupa peranti keras menawarkan kinerja yang lebih baik dari yang peranti lunak saja.