Find Us On Social Media :

Fokus Melatih Kemampuan GPT-4, OpenAI Tegaskan Belum Kembangkan GPT-5

By Adam Rizal, Selasa, 18 April 2023 | 11:30 WIB

GPT-4

Beredar rumor OpenAI telah memperkenalkan GPT-5 yang menawarkan kecanggihan melebihi GPT-4 dan levelnya menjadi artificial general intelligence (AGI).

Namun, rumor itu dibantah langsung oleh CEO dan co-founder OpenAI Sam Altman bahwa saat ini OpenAI masih melatih GPT-4 bukan mengembangkan GPT-5.

“Kami tidak melakukannya (pengembangan GPT-5) dan tidak akan melakukannya dalam waktu dekat. Jadi dalam hal ini agak bodoh,” kata Altman.

OpenAI belum mengembangkan GPT-5 karena saat ini masih meningkatkan pelatihan GPT-4 untuk menjawab tuntutan permintaan pasar.

OpenAI mungkin merilis GPT-4.5 (seperti yang dilakukan GPT-3.5) terlebih dahulu dengan cara lain bahwa nomor versi dapat menyesatkan.

"Kami melakukan hal-hal lain di atas GPT-4 yang menurut saya memiliki semua jenis masalah keamanan yang penting untuk diatasi dan sepenuhnya diabaikan oleh surat itu,” tambahnya.

Kemampuan GPT-5

Ilustrasi ChatGPT

Baru-baru ini OpenAI merilis GPT-4 yang menawarkan kemampuan luar biasa melebihi GPT-3 yang dipakai ChatGPT.

Namun OpenAI, sudah tancap gas mengembangkan GPT-5 yang diklaim kemampuannya menyamai kemampuan otak manusia.

Developer dan entrepreneur teknologi Siqi Chen mengatakan OpenAI akan menyelesaikan pelatihan GPT-5 pada akhir tahun ini dan kemampuannya akan berubah menjadi artificial general intelligence (AGI).

"GPT-5 akan menyelesaikan pelatihannya pada Desember ini dan langsung mencapai level AGI," kata Chen dalam cuitannya di Twitter seperti dikutip dari BGR.