Find Us On Social Media :

Dengan AWS Lift, AWS Makin Bisa Bantu UKM Perihal Biaya dan Inovasi

By Cakrawala, Senin, 1 Mei 2023 | 10:00 WIB

AWS meluncurkan AWS Lift di Indonesia. Dengannya, AWS menegaskan makin bisa membantu UKM di tanah air sehubungan biaya dan inovasi. Terlihat Anthony Amni (Head of Emerging Enterprise & SMB, Indonesia, AWS; kiri), Ahmad Siddiq (CEO Vmedis; kanan bawah), dan Yonathan Moniaga (CIO Arya Noble) secara daring membagikan bagaimana AWS dan AWS Lift bisa membantu UKM di tanah air.

Pada AWS re:Invent 2022 yang lalu, seperti yang dituliskan di sini, AWS (Amazon Web Services) menyebutkan bahwa dalam menghadapi ketidakpastian organisasi sebaiknya meningkatkan penggunaan cloud dan bukan menguranginya. Pasalnya, cloud diklaim menawarkan fleksibilitas lebih baik, termasuk perihal biaya dan inovasi, dari on-premises. Sebagai penyedia layanan cloud terdepan dengan lini produk/layanan yang terluas dan terdalam, AWS menegaskan bisa membantu organisasi sehubungan biaya dan inovasi tersebut.

Sejalan dengan itu, awal bulan lalu, AWS secara daring mengedepankan hal serupa bagi para UKM (usaha kecil dan menengah) di Indonesia. AWS bisa membantu UKM di tanah air beroleh manfaat bisnis via penghematan biaya dan inovasi; penghematan biaya dan inovasi yang dimungkinkan cloud — AWS. Selain itu, AWS juga meluncurkan AWS Lift di Indonesia. AWS Lift diklaim makin memudahkan UKM untuk menggunakan layanan cloud dari AWS. Melalui program AWS Lift, UKM bisa menikmati layanan AWS tanpa perlu “mengkhawatirkan” masalah biaya. Dengan kata lain, AWS Lift membuat AWS makin bisa membantu UKM di tanah air.

“Sekarang kita lihat ya, makroekonomi tren di lima tahun terakhir ya, di mana unpredictable; strong growth lalu COVID lalu sekarang kita masuk di era di mana ada uncertainty karena ada kondisi di Eropa dan segala macamnya gitu ya. Namanya me-manage cost itu menjadi prioritas yang sangat penting gitu ya. Kalau SMBs di Indonesia itu bisa memanfaatkan cloud technology gitu, pertama tidak perlu lagi ada investasi besar-besaran capex dalam rangka memenuhi server, nyewa, nyewa data center gitu ya, tidak perlu lagi, karena tinggal bisa langsung mengakses cloud internet ke AWS dan kemudian membayar sesuai dengan apa yang dipakai,” kata Anthony Amni (Head of Emerging Enterprise & SMB, Indonesia, AWS).

“Yang kedua yang gak kalah penting itu adalah adalah inovasi gitu ya. Bahwa di cloud platform seperti AWS, kami itu selalu berinovasi on behalf our customer. Sekarang di atas platform kami itu sudah ada lebih dari dua ratus produk atau layanan gitu ya dan kami terus berinovasi. Di tahun 2021 alone gitu ya, kami merilis lebih dari tiga ribu features gitu,” sebut Anthony Amni lebih lanjut.

UKM yang merupakan bagian dari UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) memang merupakan bagian besar dari perekonomian di tanah air. Menurut rilis dari Kemneterian Koordiantor Bidang Perekonomian Republik Indonesia, UMKM berkontribusi terhadap PDB (produk domestik bruto) Indonesia sebesar 60,5%. Tak hanya itu, UMKM yang dimaksud juga berkontribusi sebanyak 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Pentingnya UKM untuk bertransformasi digital tercermin dari proyeksi ekonomi digital Indonesia menurut Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang dari Rp789 triliun pada tahun 2020 menjadi Rp4.067 triliun pada tahun 2029. Lagi pula, bila tidak melakukan transformasi digital atau setidaknya digitalisasi, suatu bisnis tak jarang akan lebih sulit untuk bersaing. Pandemi COVID-19 menjadi salah satu contoh nyata dari hal tersebut. Cloud sendiri merupakan salah satu teknologi digital yang lazim digunakan pada transformasi digital maupun digitaliasasi.

Seperti telah disebutkan, AWS menawarkan lini produk/layanan yang terluas dan terdalam plus AWS Lift. AWS mengeklaim sebagai penyedia layanan cloud terbaik untuk para UKM di tanah air. Lini produk/layanan yang luas dan dalam membolehkan UKM untuk memilih produk/layanan yang paling tepat untuknya. Sementara, AWS Lift bisa membantu UKM dari sisi biaya. AWS menyebutkan AWS Lift antara lain membolehkan UKM untuk mencoba layanan-layanan AWS hanya dengan US$1 plus AWS pun menyediakan sampai US$83.500 dalam rupa kredit AWS yang bisa mengurangi biaya yang harus dibayarkan.

Khusus untuk yang kredit AWS, secara lebih detail AWS menyebutkan bahwa untuk US$1 pertama yang ditagihkan atas layanan AWS yang digunakan, peserta program yang terpilih akan mendapatkan kredit AWS senilai US$750 (±Rp11,1 juta) dalam akunnya. Setiap peningkatan penggunaan layanan akan mendapatkan imbalan berupa kredit AWS dengan nilai sampai US$83.500 (±Rp1,2 miliar) selama 12 bulan.