Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy A54 5G: Banyak Peningkatan, Harga Tetap

By Dayu Akbar, Selasa, 2 Mei 2023 | 16:30 WIB

Samsung Galaxy A54 5G

Samsung menghadirkan pembaruan menarik untuk smartphone kelas menengahnya di seri A yang salah satunya yaitu Galaxy A54 5G. Sesuai penamaan serinya, ini merupakan suksesor dari Galaxy A53 5G yang rilis pada Maret 2022. Saat diluncurkan, Galaxy A54 5G hadir bersamaan dengan Galaxy A34 5G. Sesuai penamaan serinya, Galaxy A54 5G memiliki kasta diatas A34 5G.

Perbedaan mendasar dari keduanya ada pada desain material, penggunaan SoC, serta resolusi kamera. Namun sesuai dengan penamaan serinya, perbedaan mendasar tersebut sebenarnya tidak terlalu signifikan. Sementara untuk hal lainnya masih mirip. Jadi jika Anda tidak terkendala dengan dana yang lebih besar, bisa jadi pilihan pada Galaxy A54 5G lebih menarik.

Mengenai jaringan 5G yang disematkan, Galaxy A54 5G sudah bisa digunakan pada operator 5G yang ada di tanah air. Diantara jaringan 5G yang didukungnya mencakup n1 (2.100 MHz), n3 (1.800 MHz), dan n40 (2.300 MHz). Sehingga kompatibel dengan jaringan tiga operator 5G di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata. Bahkan, dengan dukungan dual SIM 5G, dua slot kartu SIM-nya bisa digunakan secara bergantian untuk jaringan tersebut.

Menyasar kelas menengah, Galaxy A54 5G mengusung desain elegan yang tidak kalah dengan seri flagship-nya yaitu Galaxy S23. Bodi belakangnya datar polos dengan tiga lensa kamera yang dibuat timbul. Material bodi belakangnya ini berbahan polikarbonat namun sudah dilapisi kaca. Untuk daya tahannya, sudah ditambahkan pula pelindung Gorilla Glass 5 agar tidak mudah tergores.

Layar dan bodi belakangnya terlindung Corning Gorilla Glass 5, sementara itu bodi belakang juga tampil lebih menarik dibanding Galaxy A34 5G karena dilapisi material mirip kaca.

Anda juga tidak perlu kuatir dengan minyak tangan yang kerap membuat kotor bagian belakang ini. Karena Samsung sudah membuatnya agar lapisan tetap terlihat bersih. Pilihan warna yang tersedia yaitu lime, graphite, violet, dan white, dan unit yang kami gunakan berwarna white atau putih. Tidak ketinggalan sertifikasi IP67 yang diusungnya mampu membuat perangkat ini dapat bertahan dalam air hingga satu meter selama 30 menit dan kedap debu.

Di sektor layar, Galaxy A54 5G ternyata punya ukuran lebih kecil dibanding A34 5G. Galaxy A54 5G berukuran 6,4 inci maka Galaxy A34 5G berukuran 6,6 inci. Tidak heran, karena secara keseluruhan dimensi A34 5G memang dibuat lebih besar. Panel layarnya masih menggunakan andalan Samsung yaitu Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2340 pixels dan rasio 19,5 banding 9. Panel ini pula yang membuat Samsung juga menyematkan sensor sidik jari di bagian bawah pada layarnya. Dan sebagai pelindung dari goresan, sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5.

Hal lain yang membedakan dengan A34 5G adalah dukungan fitur HDR10+. Dan tidak kalah menarik, Samsung menyematkan tingkat kecerahan cukup tinggi yaitu 1000 nits. Hal ini sangat membantu ketika Anda sedang berada di luar ruangan dengan kondisi matahari terik. Saat tingkat kecerahan diatur maksimal, layarnya masih bisa terlihat dengan jelas. Dan untuk pergerakan animasi yang lebih mulus, layarnya mendukung refresh rate 120Hz yang juga bisa diatur ke 60Hz jika ingin lebih menghemat penggunaan baterai.

Penempatan tombol fisiknya tidak banyak berubah dibanding seri Samsung pada umumnya. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan tombol Power, sisi atas ada slot SIM tray hybrid yang bisa diisi hingga satu kartu SIM dan satu kartu memori microSD, atau dua kartu SIM. Dan sisi bawah ada speaker mono dan port USB type-C. Tidak terdapat jack audio 3.5mm sehingga Anda mesti menggunakan device audio berbasis bluetooth untuk mendengar musik secara personal.

Samsung kembali tidak menyertakan jack audio 3.5mm sehingga pengguna mesti menggunakan koneksi bluetooth untuk TWS, sedangkan dukungan kartu hanya menyertakan kompartemen jenis hibrid saja.

Secara keseluruhan ada empat kamera yang masing-masing terdiri dari tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang memiliki konfigurasi 50 MP kamera utama dengan bukaan f/1.8 serta fitur OIS, 12 MP kamera ultra-wide, serta 5 MP kamera makro. Secara spesifikasi, besarnya resolusi ini mengalami penurunan dibanding Galaxy A53 5G yang punya kamera utama 64 MP. Namun Galaxy A54 5G punya sensor size dan pixel size lebih besar serta menggunakan sensor Sony IMX Sony IMS766 dengan ukuran sensor 1/5,6 inci yang tiap pikselnya berukuran 1 mikron. Hal ini yang memungkinkan hasil foto Galaxy A54 5G bisa lebih tajam dan bagus.

Kamera utamanya juga dilengkapi teknologi OIS (Optical Image Stabilization) yang lebih besar, yakni 1,5 derajat. Fitur OIS sendiri berguna sebagai penstabil gambar yang akan meminimalisir guncangan sehingga hasil foto lebih stabil. Beralih ke bagian depan, kamera untuk selfie-nya memiliki desain punch hole dengan resolusi 32 MP. Kemampuan merekam videonya cukup canggih karena mendukung hingga resolusi 4K@30 fps, sama dengan kamera utamanya.