Aplikasi belajar bahasa asing Duolingo, resmi meluncurkan fitur premium terbarunya ‘Super Duolingo’ keseluruh penggunanya di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
Super Duolingo menggantikan Duolingo Plus dan menghadirkan tampilan yang lebih segar dengan Duo, burung hantu yang merupakan maskot berwarna hijau cerah pada aplikasi, berubah menjadi Super Duo dan memiliki skema warna berkilau dengan gradasi warna hijau, biru, dan pink.
Super Duolingo sendiri sebelumnya telah diluncurkan di wilayah lain pada Juni 2022 dan untuk wilayah Asia Tenggara selama sebulan terakhir ini.
“Kami bangga dengan pertumbuhan di Asia Tenggara dan percaya bahwa tingkat adopsi Duolingo akan terus meningkat di wilayah ini,” kata Haina Xiang, Regional Marketing Director Duolingo untuk wilayah APAC.
“Selama dua tahun terakhir, jumlah pengguna aktif harian di Asia Tenggara meningkat hampir empat kali lipat (288%), dan kami telah melihat bagaimana para pengguna menggunakan Duolingo dengan cara menyenangkan yang merefleksikan keunikan wilayah ini,” ujarnya lagi.
Di luar negara-negara berbahasa Inggris, Asia Tenggara adalah salah satu pasar terbesar Duolingo dalam hal jumlah pengguna.
Selain itu, jumlah pengguna Super Duolingo di wilayah ini hampir 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Adapun untuk pengguna aktif di Indonesia telah meningkat sekitar 6 kali lipat dalam 3 tahun.
Fitur baru yang menjadi unggulan dari Super Duolingo adalah Practice Hub, sebuah ruang latihan khusus di mana pengguna dapat meninjau kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya dalam satu wadah dan berlatih berbicara atau mendengarkan sesuai target pembelajaran.
Fitur ini juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih fokus dan personal karena semua konten di Practice Hub didasarkan pada aktivitas dan pelajaran terbaru pengguna.
Di fitur ini, pengguna bisa mendapatkan ‘hati’ tanpa batas sehingga mereka dapat belajar secara berkelanjutan.
Sementara pengguna tidak berbayar atau gratis, hanya mendapatkan lima hati yang hilang setiap kali pengguna membuat kesalahan dan harus menunggu satu hari jika kuota hati mereka habis.
Dengan kata lain, pengguna Super Duolingo tidak memiliki batasan dalam membuat kesalahan sehingga dapat belajar sesuka hati mereka.
Fitur Super Duolingo.
Super Duolingo tidak memiliki iklan, sehingga pengguna dapat belajar tanpa gangguan. Namun, perubahan terpenting dari Super Duolingo di Asia Tenggara adalah harga yang ditawarkannya.
Duolingo menawarkan harga yang disesuaikan dengan lokasi untuk memastikan sebagian besar pengguna di setiap pasar di seluruh wilayah dapat mengakses fitur premium dengan lebih terjangkau.
“Meskipun telah tertanam dalam DNA kami bahwa konten kami selalu dan akan selalu gratis, penting bagi kami bahwa Super Duolingo, pengalaman terbaik dari aplikasi kami, dapat diakses oleh sebagian besar pembelajar,” papar Uriel Kejsefman, Senior Product Manager, Duolingo.
“Menawarkan Super adalah cara kami untuk membuat semua alat pembelajaran yang tersedia Duolingo dapat diakses secara global bagi pengguna yang berada di wilayah ini. Oleh karena itu, kami telah menurunkan harga sesuai dengan pasar di setiap wilayah, untuk memastikan bahwa fitur premium kami dapat diakses oleh sebagian besar orang. Hasilnya, bagi sebagian besar pengguna di Asia Tenggara, biaya Super Duolingo lebih murah dari harga yang berlaku di Amerika Serikat dan negara lainnya,” ujarya lagi.
Saat ini, Duolingo menawarkan uji coba Super Duolingo secara gratis selama dua minggu bagi semua pengguna di Asia Tenggara.
Setelah masa uji coba berakhir, pengguna dapat mulai berlangganan atau mereka dapat kembali ke versi gratis kapan saja tanpa kehilangan hasil sebelumnya.
Pengguna yang sudah berlangganan Duolingo Plus secara otomatis di-upgrade menjadi Super Duolingo, dan tagihan bulanan berikutnya akan disesuaikan dengan harga lokal.
Baca Juga: Duolingo Bantu Lebih dari 10 Ribu Siswa Mendaftar Beasiswa di 2022