Find Us On Social Media :

Nih, Sederet Inovasi Artificial Intelligence yang Bakal Dirilis Google

By Liana Threestayanti, Kamis, 11 Mei 2023 | 15:30 WIB

Memanasnya kompetisi AI mendorong Google untuk terus meningkatkan inovasi produk-produknya. Inilah deretan inovasi AI terbaru Google.

Memanasnya kompetisi artificial intelligence (AI) belakangan ini mendorong Google untuk terus meningkatkan inovasi pada produk-produknya. Di ajang Google I/O 2023 yang berlangsung kemarin (10/5) di Moutain View, California, AS, Google membeberkan peningkatan penggunaan AI di sejumlah produk-produknya.

Dalam keynote-nya, CEO Alphabet Inc. dan Google, Sundar Pichai mengatakan, saat ini Google berada di titik perubahan (inflection point) yang menarik setelah tujuh tahun Google menjadi AI-first company. Menurutnya, Google bertekad menjadikan AI lebih bermanfaat bagi siapa saja, termasuk kalangan bisnis dan komunitas dengan mengusung tagline “making AI helpful for everyone.”

Sebagai informasi, saat ini Google memiliki 15 produk yang masing-masing melayani lebih dari setengah miliar pengguna dan bisnis. Enam di antara 15 produk tersebut bahkan masing-masing melayani lebih dari 2 miliar pengguna.

Dengan produk melimpah dengan jumlah pengguna yang mencapai miliaran, Sundar Pichai mengugungkapkan optimisme bahwa Google memiliki banyak kesempatan untuk mewujudkan misi AI-nya.

Nah inilah deretan inovasi AI pada produk-produk Google yang disampaikan CEO Google dalam keynote Google I/O 2023.

Menulis Email dengan AI

Selanjutnya, Sundar membeberkan rencana Google untuk membenamkan generative AI pada aneka produk dan solusinya. 

Artificial intelligence telah disematkan pada Gmail sejak tahun 2017 untuk menghadirkan fitur Smart Reply dan Smart Compose. Kini, dengan model generatif yang lebih canggih, Gmail akan memiliki fitur “Help me write.” 

Dengan fitur ini, pengguna Gmail dapat meminta AI menulis teks email. Dalam penjelasannya, Sundar mencontohkan kemampuan fitur Help me write membuat draft untuk membalas email tentang pembatalan penerbangan dari maskapai penerbangan. “Maskapai tersebut telah mengirimi Anda voucher, tetapi yang Anda inginkan adalah refund sepenuhnya. Anda dapat membalas dan menggunakan Help me write!” jelas Sundar Pichai.

Caranya, klik tombol Reply dan ikon Help me write. Lalu ketikkan prompt/instruksi sesuai hasil yang diinginkan dan tekan tombol Create. Gmail akan langsung menarik detail penerbangan yang ada di email sebelumnya. 

Pengguna juga dapat  menyempurnakan teks dengan menekan tombol Refine dan pilih salah satu opsi yang tersedia. Dalam contoh ini, Sundar memilih opsi Elaborate untuk membuat teks email lebih rinci memaparkan keinginan pengguna. 

Fitur Help me write akan diluncurkan bersamaan dengan pembaruan (update) WorkSpace. “Dan seperti (fitur) Smart Compose, Anda akan melihatnya (Help me write) semakin baik dari waktu ke waktu,” janji Sundar Pichai.