Find Us On Social Media :

Review Acer Aspire 5 Slim (A514-55-537X): Lebih Baru lebih Kencang

By Dayu Akbar, Jumat, 26 Mei 2023 | 17:10 WIB

Acer Aspire 5 Slim

 

Acer punya portofolio seri laptop yang lengkap bagi pengguna yang butuh performa kencang untuk kesehariannya, salah satunya yaitu Acer Aspire 5 Slim yang hadir dengan spesifikasi lebih baru. Sebagai pembeda dengan generasi sebelumnya, laptop yang kami uji ini punya tipe A514-55-537X yang sudah dipersenjatai dengan 12th Gen Intel® Core™ Processors.

Prosesor yang dibuat dengan arsitektur hibrid ini memiliki dua inti yang mengelola tugas berbeda. Inti performa (P Core) untuk memaksimalkan performa dan inti efisiensi (E Core) yang memberikan efisiensi tugas di latar belakang untuk multitasking yang maksimal.

Acer Aspire 5 Slim tersedia dalam pilihan Intel® Core™ i5-1235U processor atau Intel® Core™ i7-1255U processor yang memiliki total 10 core (2P core + 8E core) dan 12 threads. Dan unit yang kami uji menggunakan pilihan prosesor pertama.

Bodinya tampil polos menggunakan kombinasi bahan antara aluminium dan polikarbonat.

Untuk performa grafisnya diserahkan kepada Intel® Iris® Xe  graphics yang kerap digunakan pada laptop mainstream yang lebih fokus pada performa prosesor ketimbang grafis. Sementara memori RAM-nya memiliki kapasitas 8 GB DDR4 yang terpasang secara permanen (on-board). Jika dirasa kurang, Acer menyediakan satu slot kosong yang bisa dipasang dengan RAM 16 GB. Jadi secara keseluruhan laptop ini bisa terpasang hingga 24 GB.

Media penyimpanannya berupa SSD M.2 NVMe generasi terbaru yang punya jalur PCIe 4.0 x4 dengan kapasitas 512 GB. Saat kami uji kecepatan baca dan tulis SSD bawaannya, hasilnya cukup kencang dimana keduanya tembus di angka 3000-an MB/s. Dan bagi yang ingin memperluas penyimpanan, disediakan slot kosong untuk penyimpanan berjenis HDD 2,5 inci SATA yang untungnya sudah disediakan beserta bracket dan konektornya.

Dengan elevated design hinge, saat layar dibuka bodi laptop akan sedikit terangkat sehingga akan terdapat sedikit ruang di bagian bawah agar sirkulasi udara lebih baik.

Konektivitas juga jadi andalan karena sudah terdapat port USB type-C yang mendukung Thunderbolt 4.0. Teknologi Thunderbolt 4 menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. Dengan bandwidth 40 Gbps mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat. Konektivitas serbaguna ini kompatibel dengan banyak koneksi, termasuk Thunderbolt™, USB, USB C standar, DisplayPort, dan PCle versi sebelumnya.

Sementara untuk koneksi nirkabel sudah mendukung Wi-Fi 6E yang memiliki kemampuan 3 kali lebih cepat dan dengan tingkat data puncak 40% lebih tinggi dibandingkan 802.22ac 2x2 standar. Koneksi lain yang tersedia termasuk 3 port USB 3.2 Gen 1 type-A, HDMI 2.1, ethernet RJ-45, serta jack audio 3.5mm.

Beralih ke bagian keyboard, tata letaknya khas buat laptop 14 inci yang ringkas tanpa adanya area numpad. Keyboard-nya dilengkapi dengan backlight dengan dua tingkat kecerahan. Hal ini sangat membantu jika digunakan untuk mengetik dalam kondisi temaram atau kurang cahaya. Tombol-tombol-nya memiliki jarak agak renggang serta memiliki travel key rendah yang menjadikannya cukup nyaman saat digunakan.

Mengubah kecepatan kipas pendingin bisa dilakukan dengan menekan tombol Fn+F yang akan beralih ke tiga mode yaitu Silent, Normal, dan Performance.

Sementara area touchpad-nya terbilang tidak terlalu besar namun sudah cukup sebagai pengganti mouse sementara. Tanpa tombol fisik untuk klik kiri dan kanan, landasannya cukup licin dan memudahkan saat digunakan. Menariknya disini Acer menyertakan sensor fingerprint di sisi kiri atas yang mendukung Windows Hello. Dengan respon yang cepat, Anda akan dimudahkan dan tidak perlu repot-repot mengetik password untuk login ke Windows.