Find Us On Social Media :

Mempersiapkan Transisi Komputasi Kuantum dalam Cyber Security

By Liana Threestayanti, Sabtu, 27 Mei 2023 | 20:34 WIB

Ada banyak potensi dan manfaat komputasi kuantum. Namun di cyber security, ada risiko dan eksposur keamanan baru. (ilustrasi komputasi kuantum/quantum computing

 

Penulis: Sean Duca, Vice President and Regional Chief Security Officer, Asia Pacific & Japan, Palo Alto Networks

[Redaksi] Oleh para ahli, quantum computing (komputasi kuantum) dijuluki pedang bermata dua. Potensi dan manfaatnya banyak. Namun di cyber security, ada risiko dan eksposur keamanan baru yang perlu diwaspadai.

Pengesahan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) di Indonesia menandai era baru perlindungan hak dan kebebasan individu. 

Meskipun terjadi tarik ulur yang panjang dalam pengesahan peraturan tersebut, Indonesia sebagai negara terbesar dan terpadat di Asia Tenggara saat ini telah siap untuk menghadapi tantangan sehubungan dengan perlindungan data. Hal ini juga sejalan dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, yang diperkirakan akan tumbuh hingga US$146 miliar (lebih dari Rp2000 triliun) pada tahun 2025.

Apakah organisasi dan komputasi kuantum (quantum computing) berada di jalur yang sama? Perlombaan menuju teknologi komputasi baru sedang memanas, dan pasar-pasar di  Asia, termasuk Indonesia, mengikuti tren tersebut. 

Namun, para peneliti dan pakar teknologi cyber security saat ini cukup prihatin dengan komputasi kuantum yang mereka nilai sebagai pedang bermata dua. Meski memiliki banyak potensi dan manfaat, mulai dari machine learning dan data analytics, penelitian medis hingga kriptografi dan cyber security, komputasi kuantum juga menimbulkan risiko dan eksposur baru, terutama terkait kemampuannya untuk memecahkan sebagian besar enkripsi modern yang menopang internet, komunikasi, dan e-commerce, yang menjadi fondasi utama masyarakat saat ini. 

Banyak aspek keamanan, seperti kriptografi, bergantung pada argumen kompleksitas komputasi. Keamanan suatu algoritma berasal dari fakta bahwa tidak ada yang menemukan cara untuk memecahkannya dengan kecepatan tertentu, sehingga menjadi mengkhawatirkan.

Karena serangan siber semakin canggih seiring dengan meningkatnya daya komputasi, mesin pada akhirnya akan mampu memecahkan semua bentuk enkripsi, yang nantinya  menimbulkan risiko pada metode keamanan yang ada.

Pada dasarnya, enkripsi merupakan tindakan mengambil sebuah informasi asli yang dapat dibaca oleh manusia dan mengubahnya menjadi teks yang tidak dapat dimengerti. Meskipun tidak menjadi perhatian utama bagi sebagian besar individu, enkripsi telah menjadi pendukung penting untuk berbagai aktivitas yang kita anggap remeh.

Peran Enkripsi dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada dua bentuk utama enkripsi. Pertama adalah simetris, yaitu ketika kunci yang sama digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data. Bentuk kedua dan asimetris, yang melibatkan sepasang kunci yang terhubung secara matematis. Bentuk simetris cenderung bersifat cepat, efisien, dan paling banyak digunakan untuk mengamankan komunikasi dan data yang tersimpan.

Enkripsi asimetris atau kunci publik digunakan untuk bertukar kunci simetris dengan aman dan untuk mengautentikasi sertifikat, pesan, dokumen, dan pembayaran e-commerce secara digital, serta memasangkan kunci publik dengan identitas pemiliknya.