Find Us On Social Media :

Enam Cara AI Tingkatkan Efisiensi dan Keamanan di Sektor Energi

By Liana Threestayanti, Minggu, 11 Juni 2023 | 16:00 WIB

Duet Artificial intelligence (AI) dan sektor energi berpotensi mewujudkan bumi yang lebih berkelanjutan dan efisien. Bagaimana caranya?

Duet Artificial intelligence (AI) dan sektor energi berpotensi mewujudkan bumi yang lebih berkelanjutan dan efisien. Bagaimana caranya? 

Disarikan dari energyportal.eu, setidaknya ada enam cara pemanfaatan AI.

1. Mengoptimalisasi sumber-sumber energi terbarukan

Tenaga surya dan angin semakin populer seiring upaya mengurangi ketergantungan pada minyak bumi. Namun persoalannya adalah output sumber energi terbarukan sangat tergantung pada variabel seperti kondisi cuaca dan waktu.  

AI dapat membantu memprediksi dan mengoptimalkan produksi energi berdasarkan data real time sehingga penggunaan energi terbarukan lebih efisien dan energy grid lebih stabil. 

2. Meningkatkan efektivitas penyimpanan dan pengelolaan energi 

Teknologi artificial intelligence juga berperan penting dalam penyimpanan energi. Apa lagi adopsi kendaraan listrik terus tumbuh sehingga permintaan solusi penyimpanan energi yang efisien dan andal juga akan meningkat.

Dengan menganalisis data penggunaan baterai dan pola charging, AI dapat meningkatkan performa dan masa hidup baterai. Hal ini juga akan meningkatkan efektivitas pengelolaan energi yang pada akhirnya akan berujung pada pengurangan biaya di sisi konsumen maupun penyedia energi. 

3. Meningkatkan efisiensi konsumsi energi

Pemanfaatan AI lainnya di sektor energi adalah dalam konsumsi energi. Misalnya penggunaan teknologi smart home, seperti sistem thermostat dan sistem lighting cerdas berbasis AI, dapat secara otomatis menyesuaikan pengaturan sistem dengan kondisi cuaca dan okupansi. Pengaturan cerdas ini akan mengurangi penggunaan energi, yang berarti mengurangi tagihan listrik pelanggan dan beban di pusat pembangkit listrik.

4. Meningkatkan efisiensi distribusi energi 

Pemanfaatan AI lainnya adalah meningkatkan efisiensi distribusi energi. AI akan menganalisis data pola penggunaan energi dan kondisi pembangkit listrik. Langkah ini memungkinkan penyedia listrik mengidentifikasi area-area di mana terjadi kehilangan energi dan memberikan saran perbaikan.